PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI ALBERTA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

  • Iwan Gunawan Universitas Langlang Buana
  • Riska Resti Wulandari Universitas Langlang Buana
  • Agung Cahya Gumilar Universitas Langlang Buana

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh penerapan model Inkuiri Alberta dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMA. Metode eksperimen dengan desain quasi experimental dijadikan sebagai metode dalam penelitian ini, Sampel dalam penelitian ini dipilih dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes tertulis untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis dan non tes dalam bentuk observasi untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran model Inkuiri Alberta. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan teknik statistik uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diterapkan model Inkuiri Alberta. Setelah dibandingkan, peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diterapkan model Inkuiri Alberta lebih baik daripada siswa yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Inkuiri Alberta telah sesuai dengan sintaknya.

Keywords: Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran, Inkuiri Alberta

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alberta, L. (2004). Focus on Inquiry: A Teacher's Guide to Implementing Inquiry- Based Learning. Edmonton: Alberta. Tersedia: Dakses dari https://www.pdfdrive.com/a-teachers-guide-to-implementing-inquiry-based-learning-e50641850.html

Badjeber R, Fatimah S, (2015). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Jurnal Pegajaran MIPA, Vol. 20, No. 1 Hal. 18-26.

Hapsari, Mahrita J. (2018). Menyuburkan Curiosity Dengan Guided Inquiry. Diakses dari http://eprints.ulm.ac.id/5423/

Hendriana, Heris. Dkk. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama: Bandung.

Mulyasa, E. Dkk. (2017). Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Mutoharoh, D S. (2022). Implementasi Pembelajaran Inkuiri Model Alberta Berbantuan LKPD dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.2, No.3, Hal 82-91.

Kemenko PMK. (2021). Kompetensi 4C Untuk Manusia indonesia Masa kini. Diakses dari https://www.kemenkopmk.go.id/kompetensi-4c-untuk-manusia-indonesia-masa-kini

Panjaitan, Muktar. Andriono Manalu. (2019). Pembelajaran Kreatif-Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Diakses dari http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi

Tarwiyani. dkk. (2019). Penerapan Pembelajaran Sains Berbasis Inquiry Based Learning Terintegrasi Nature of Science dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa. Diakses dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Usman, R M, (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Jurnal Derivat, Vol 4, No. 2 Hal 1-7.

Usman, R M, (2014). Pembelajaran Inkuiri Model Alberta Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol 3, No. 2 Hal 1-7.

Published
2023-11-01
How to Cite
Iwan Gunawan, Riska Resti Wulandari, & Agung Cahya Gumilar. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI ALBERTA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS . JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 14-28. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i2.3159
Abstract viewed = 123 times
PDF downloaded = 79 times