KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MBTI

  • Nita Widyati Ananda Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Hamidah Suryani Lukman Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Nur Agustiani Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK ditinjau dari tipe kepribadian MBTI. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Tes yang dilakukan yaitu tes angket kepribadian MBTI dan tes kemampuan berpikir kritis matematis.Teknik pengambilan subjek menggunakan purpose sampling , peneliti memilih 4 subjek yang terdiri dari 1 siswa tipe kepribadian INFP,1 siswa dengan tipe kepribadian INTP, 1 siswa dengan tipe kerpibadian INTJ, dan 1 siswa dengan tipe kepribadian INFJ untuk diberikan tes dan dilakukan wawancara. Data kemudian di analisis dengan langkahnya yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukan bahwa tipe kepribadian INTP dan INTJ memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis. Tipe kepribadian INFP hanya memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir kritis. Sedangkan tipe INFJ memenuhi semua indikator berpikir kritis hanya pada salah satu soal saja. Hasil dari penelitian ini menganjurkan kepada guru untuk lebih memperdulikan  kemampuan berpikir kritis siswa agar mampu menyelesaikan masalah yang bersifat abstrak.

Keywords: MBTI, Berpikir Kritis, Siswa SMK

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abid, M. M., & Rahaju, E. B. (2018). Kemampuan Berfikir Kristis Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Turunan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Sensing Dan Intuitive. Mathe Dunesa : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 340–349.

Athifah, U., & Khusna, H. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Berdasarkan Self-Confidence dan Gender. Prisma, 11(1), 265. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2253

Dena Arimby Hariananda, & Zainuddin. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Perbedaan Gender. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1), 15–29. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i1.1876

Effendi, M. M. (2017). Reposisi Pembelajaran Matematika Di SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2017 Di Universitas Muhammadiyah Malang, 1–12.

Firdaus, N., & Rustina, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 432–437.

Inayah, S., Septian, A., & Komala, E. (2021). Efektivitas Model Flipped Classroom Berbasis Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(November), 138–144.

Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau dari Gender. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 111. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.663

Karim, B. A. (2020). Teori Kepribadian dan Perbedaan Individu. Education and Learning Journal, 1(1), 40. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.45

Mudrika, N., & Psi, S. (2011). Mbti. Encyclopedia of Clinical Neuropsychology, 1531–1531. https://doi.org/10.1007/978-0-387-79948-3_5359

Pangaribowosakti, A. (2014). Implementasi Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa SMK Pada Topik Limbah Di Lingkungan Kerja. Repository.Upi.Edu |, 209–213. http://repository.upi.edu/12495

Pebianto, A., Suhartina, R., Yohana, R., Mustaqimah, I. A., & Hidayat, W. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Ditinjau Dari Gender. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 631. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p631-636

Rudianti, R., Aripin, A., & Muhtadi, D. (2021). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 437–448. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1038

Septikasari, R., & Nugraha Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(02), 108.

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290

Ramalisa, Yelli. (2013). Proses Berpikir Kritis Siswa SMA Tipe Kepribadian Thinking Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1407

Published
2023-11-06
How to Cite
Nita Widyati Ananda, Hamidah Suryani Lukman, & Nur Agustiani. (2023). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MBTI. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 90-105. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i2.3153
Abstract viewed = 275 times
PDF downloaded = 259 times