MODEL PEMBELAJARAN SSCS DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

  • Puput Safitri Wijaya STKIP Singkawang
  • Rika Wahyuni STKIP Singkawang
  • Rosmaiyadi STKIP Singkawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, keterlaksanaan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan pendekatan konstruktivisme, karakter kreatif belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS), dan korelasi antara karakter kreatif belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pemangkat pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental pada bentuk The Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: a) penggunaan model SSCS dengan pendekatan konstruktivisme lebih meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung; b) model SSCS dengan pendekatan konstruktivisme dapat terlaksana dengan baik; c) penggunaan model SSCS dengan pendekatan konstruktivisme menghasilkan karakter kreatif siswa yang tinggi;  dan d) hubungan antara karakter kreatif dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah menjadi lebih terlihat setelah diterapkan model pembelajaran SSCS dengan pendekatan konstruktivisme.

Keywords: Model Pembelajaran SSCS, Kemampuan Pemecahan Masalah, Karakter Kreatif Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhyan, A. R., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Pada Materi Himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 451. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10289

Agustin, S., Fitraini, D., Rahmi, D., & Fitri, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SEARCH SOLVE CREATE SHARE ( SSCS ) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. 2(2), 42–53.

Buyung, B., & Sumarli, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Variabel, 4(2), 61. https://doi.org/10.26737/var.v4i2.2722

Deli, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 13 Pekanbaru. 4(April), 71–78.

Farida, N. (2014). Pengaruh Sikap Kreatif Terhadap Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 10–15.

Gibran, A. G., Salam, R., Percaya, S., & Siswa, D. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. 2(6), 36–50.

Hartanti, P. S. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Seacrh, Solve, Create and Share (Sscs) Menggunakan Media Lkpd Pada Materi Penyajian Data Untuk Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Kepanjen. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 62. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2617

Indah, K., Lestari, P., Nayazik, A., Hidayati, D. W., Ivet, U., Ivet, U., & Ivet, U. (2019). Pengaruh Kreativitas Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(1), 9–14.

Jatisunda, M. G. (2017). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme terhadap Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik. 2(1), 57–66.

Kemdiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Puskur_Balitbang.

Khairunisa, D. (2020). Menumbuhkan Karakter Kreatif Dan Peduli Melalui Project Based Learning Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 3(1), 85–101. https://doi.org/10.47239/jgdd.v3i1.188

Mariyam, P, N. C., & Wahyuni, R. (2018). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Modul. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(September), 66–73.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Rahmi, M., Edwin Musdi, & yerizon. (2017). Tahap Preliminary Research Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTs/SMP. Jurnal Mosharafa, 6(2), 237–246. http://e-mosharafa.org/

Santi, D. M., Rosmaiyadi, & Mariyam. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jumlahku, 8, 15–27.

Sulistiyono, E., Mahanal, S., & Saptasari, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Speed Reading-Mind Mapping (SR-MM). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1226–1230.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2).

U.S, S. (2012). Peran Berpikir Kretif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, 2(3), 248–262.

Widyati, F. N., & Irawati, H. (2021). Studi Literatur: Peningkatan Oral Activity Dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penerapan Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS). INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 74–81. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57187

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Tematis Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 1–8.

Published
2023-11-01
How to Cite
Puput Safitri Wijaya, Rika Wahyuni, & Rosmaiyadi. (2023). MODEL PEMBELAJARAN SSCS DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS . JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 39-55. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i2.3038
Abstract viewed = 85 times
PDF downloaded = 56 times