ANALISIS MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DI MTsS MODERN ARAFAH
Abstract
Banyak siswa yang tidak menyenangi pembelajaran matematika, mereka cendrung tidak tertarik dan aktif dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar matematika siswa ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola kelas di MtsS Modern Arafah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalahsiswa kelas VIII D di MtsS Modern Arafah, sebanyak 15 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar yang terdiri dari 17 item pernyataan dan angket kemampuan pengelolaan kelas guru yang terdiri dari 15 pernyataan. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara mencari persentase serta tingkat capaian rata-rata masing-masing variabel.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata minat belajar siswa yaitu 60% siswa berada pada kategori cukup. Sedangkan kemampuan pengelolaan kelas guru di bidang fisik diperoleh persentase sebesar 73% berda pada kategori baik dan di bidang non fisik tergolong cukup dengan persentase 53% pada kategori cukup.
Downloads
References
Aulia, R., & Sontani, U. T. (2018). Pengelolaan kelas sebagai determinan terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 149-157.
Bagindo, R., & Yulia, P. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 41-48.
Dewi, E. K., & Yulia, P. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran TAI dan PBI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 50 Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 42-48.
Elliott, S. N. (2022). Educational psychology. McGraw-Hill Humanities, Social Sciences & World Languages.
Fadli, A. (2022).Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XII Di Sma Negeri 9 Depok (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Isnanto, I., Pomalingo, S., & Harun, M. N. (2020). Strategi pengelolaan kelas di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 7-24.
Kamilah, A. (2022). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas Xi Di Mas Ti Koto Tuo Kumpulan Sumatera Barat (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Maylitha, E., Parameswara, M. C., Iskandar, M. F., Nurdiansyah, M. F., Hikmah, S. N., & Prihantini, P. (2023). Peran Keterampilan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Journal on Education, 5(2), 2184-2194.
Navia, Y., & Yulia, P. (2017). Hubungan disiplin belajar dan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).
Novelza, I. D., & Yulia, P. (2023). Analisis Profesionalisme Guru Matematika Madrasah Aliyah Negeri. Didactical Mathematics, 5(1), 74-80.
Rahayu, R., & Susanto, R. (2018). Pengaruh kepemimpinan guru dan keterampilan manajemen kelas terhadap perilaku belajar siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 220-229.
Rahmadhani, A. S., & Yulia, P. (2023). Minat Belajar Matematika Siswa di MTsN 2 Kerinci. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Rizki, M., & Noviardilla, I. (2021). Kajian Literatur Tentang Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 267-271.
Sucipto, M., & Firmansyah, D. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 8 (2), 376–380.
Yulia, P., & Luqman, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Tipe Visual Auditory Kinesthetic (Vak) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswakelas Vii Smp Negeri 17 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).
Yulia, P. (2016). Efektifitas Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 16 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1).
Zahroh, L. (2015). Pendekatan dalam pengelolaan kelas. Tasyri': Jurnal Tarbiyah-Syari'ah Islamiyah, 22(2), 175-189.
Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.