SIMULASI PENERAPAN KURIKULUM PARADIGMA BARU PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MATHEMATICAL MODELLING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR LITERASI

  • Mira Mayasarokh STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Ita Yusritawati STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Kurikulum Paradigma Baru 2022 adalah salah satu solusi yang ditawarkan Kemendikbudristek kepada satuan pendidikan setelah terjadi Learning Loss di masa Pandemi. Kurikulum sengaja diciptakan fleksibel agar guru bisa mendefinisikan dan mempraktikkan proses pembelajaran sesuai lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efektifitas penerapan Kurikulum Paradigma Baru pada pembelajaran matematika anak usia dini melalui mathematical modelling tehadap perkembangan kemampuan dasar literasi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah peserta didik anak usia dini di TK Tunas Bangsa Desa Kramatmulya. Teknik pengumpulan data dengan tes tulis. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain menggunakan SPSS pada tabel diatas, diperoleh skor rata-rata N-Gain sebesar 0,4933, maka kriteria yang diperoleh yaitu sedang. Hal ini berarti peningkatan kemampuan dasar literasi matematika siswa berada pada kategori sedang. Oleh karena itu, persentase yang diperoleh sebesar 60,33% yang artinya penerapan kurikulum paradigma baru pada pembelajaran matematika anak usia dini melalui mathematical modelling terhadap kemampuan dasar literasi cukup efektif.

 

Keywords: Kurikulum Paradigma Baru, Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini, Mathematical Modelling, Kemampuan Dasar Literasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kemdikbudristek. 2021. Kurikulum Prototipe Untuk Membantu Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan

Leli, H. 2016. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.

Mayasarokh, M, Yusritawati, I. 2020. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Mathematical Modelling Terhadap Self Efficacy Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal. 2 (2). 93-107.

Silahuddin. 2014. Kurikulum Dalam Perspektif Islam (Antara Harapan Dan Kenyataan). Jurnal Mudarrisuna 4: 331– 55. http://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/293/269

Sudiati, S. 2014. Pembelajaran Matematika di Sekolah. Online. Tersedia di http://www.srisudiati.namablogku.com/2014/05/pembelajaranmatematika-disekolah.html

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Zedeck, S. (2014). APA Dictionary of Statistics and Research Methods. Washington, DC: American Psychological Association, 52(1998), 36-40.

Sukmadinata, N.S. 2016. Pengembangan Kurikulum. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyati, Dyah M, dkk. 2021. Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayan, Riset danTeknologi.

Wahyudi dkk. 2018. Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan. 1(1). 38-47.

Wahyunimgsih, Sri, dkk. 2016. Bahan Ajar untuk Guru Cerdas Bermain Matematika Bagi Anak Usia 5-6 Tahun. Jayagiri: PP PAUD Dikmas Jawa Barat.

Warmansyah, J. 2019. Efektifitas Powerpoint Dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Permulaan Di TK Asyofa Padang. Ta’dib. 22(2). 105.

Published
2022-12-27
How to Cite
Mira Mayasarokh, & Yusritawati, I. (2022). SIMULASI PENERAPAN KURIKULUM PARADIGMA BARU PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MATHEMATICAL MODELLING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR LITERASI . JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(2), 80-88. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i2.2397
Abstract viewed = 271 times
pdf downloaded = 224 times

Most read articles by the same author(s)