SIMULASI PENERAPAN KURIKULUM PARADIGMA BARU PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MATHEMATICAL MODELLING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR LITERASI
Abstract
Kurikulum Paradigma Baru 2022 adalah salah satu solusi yang ditawarkan Kemendikbudristek kepada satuan pendidikan setelah terjadi Learning Loss di masa Pandemi. Kurikulum sengaja diciptakan fleksibel agar guru bisa mendefinisikan dan mempraktikkan proses pembelajaran sesuai lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efektifitas penerapan Kurikulum Paradigma Baru pada pembelajaran matematika anak usia dini melalui mathematical modelling tehadap perkembangan kemampuan dasar literasi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah peserta didik anak usia dini di TK Tunas Bangsa Desa Kramatmulya. Teknik pengumpulan data dengan tes tulis. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain menggunakan SPSS pada tabel diatas, diperoleh skor rata-rata N-Gain sebesar 0,4933, maka kriteria yang diperoleh yaitu sedang. Hal ini berarti peningkatan kemampuan dasar literasi matematika siswa berada pada kategori sedang. Oleh karena itu, persentase yang diperoleh sebesar 60,33% yang artinya penerapan kurikulum paradigma baru pada pembelajaran matematika anak usia dini melalui mathematical modelling terhadap kemampuan dasar literasi cukup efektif.
Downloads
References
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Kemdikbudristek. 2021. Kurikulum Prototipe Untuk Membantu Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Leli, H. 2016. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.
Mayasarokh, M, Yusritawati, I. 2020. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Mathematical Modelling Terhadap Self Efficacy Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal. 2 (2). 93-107.
Silahuddin. 2014. Kurikulum Dalam Perspektif Islam (Antara Harapan Dan Kenyataan). Jurnal Mudarrisuna 4: 331– 55. http://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/293/269
Sudiati, S. 2014. Pembelajaran Matematika di Sekolah. Online. Tersedia di http://www.srisudiati.namablogku.com/2014/05/pembelajaranmatematika-disekolah.html
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Zedeck, S. (2014). APA Dictionary of Statistics and Research Methods. Washington, DC: American Psychological Association, 52(1998), 36-40.
Sukmadinata, N.S. 2016. Pengembangan Kurikulum. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Sulistyati, Dyah M, dkk. 2021. Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayan, Riset danTeknologi.
Wahyudi dkk. 2018. Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan. 1(1). 38-47.
Wahyunimgsih, Sri, dkk. 2016. Bahan Ajar untuk Guru Cerdas Bermain Matematika Bagi Anak Usia 5-6 Tahun. Jayagiri: PP PAUD Dikmas Jawa Barat.
Warmansyah, J. 2019. Efektifitas Powerpoint Dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Permulaan Di TK Asyofa Padang. Ta’dib. 22(2). 105.
Copyright (c) 2022 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.