Pengaruh Gaya Mengajar Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Sepakbola

  • Mochamad Iman Setiawahyu Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggetahui perbedaan pengaruh antara metode gaya mengajar dan kemampuan awal terhadap hasil belajar keterampilan sepakbola yang memiliki tingkat kemampuan awal tinggi dan rendah. Penelitian ini juga ingin mengetahui adanya interaksi antara gaya mengajar dan kemampuan awal. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2 dengan sampel 40  siswa ekstrakulikuler klas VII di SMP Negeri 9 Bandung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik rendom assignment. Sampel dibagi kedalam empat kelompok, yang masing-masing kelompok terdiri atas 10 siswa. Instrumen penelitian menggunakan alat ukur tes kecakapan dan keretampilan bermain sepakbola dari Nurhasan dan Vernon yang di modivikasi jarak dan ukuranya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Variansi (ANOVA) yang dilanjutkan dengan Uji Tukey pada taraf signifikansi  0,05. Hasil penelitian bahwa (1) Ternyata skor rata-rata keterampilan sepakbola yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal lebih tinggi dari rata-rata yang diajar dengan gaya mengajar komando A1= 202.68 > A2 = 186.94. (2) Adanya interaksi yang signifikan karena kedua kelompok tingkat kemampuan awal yang diajar dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal dan komando. (3) Ternyata skor rata-rata keterampilan awal tinggi yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal  lebih kecil dari rata-rata yang diajar dengan gaya mengajar komando A1B1 = 206.82 < A2B1 = 215.10. (4) Ternyata skor rata-rata keterampilan awal rendah yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal  lebih tinggi dari rata-rata yang diajar dengan gaya mengajar komando A1B2 = 202.68 > A2B2 = 186.94

Keywords: gaya mengajar, kemampuan awal, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, (2002), Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek, Cetakan Ke XII, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Adang Suherman. (1996). Pedagogi Olahraga. Bandung 1 FPOK IKIP Bandung.

Ali Maksum. (2012), Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Unesa University Press.

Fraenkel, JR,. Wallen, NE. (1993). How To Design and Evaluate Research in Education. USA: McGraw Hill, Inc.

Gifford, Clive, (2007), Keterampilan Sepak Bola, Yogyakarta, PT Citra Aji Parama.

Good, Thomas L., Brophy, Jere E., (1990), Educational Psychology A Realistic Approach, New York & London : Longman.

Hyllegard, R. Et.al. (1996), Interpreting Research in Sports and Exercise Science St. Louise, Missouri : Mosby-Year Book Inc.

Harsono, (1988). Coaching Dan Apek-Aspek Psikologis Dalam Coaching, Jakarta, CV Tambak Kusuma.

Jumhana, J., & Agustan, B. (2016). Pengaruh Model Directinstruction Terhadap Teknik Dasar Dribbling Dalam Permainan Sepak Bola. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(1), 46-50. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara/article/view/57

Joseph, Luxbacher (1997) Sepak Bola. Alih bahasa agusta wibawa. Pt. Raja gravindo persada.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (1989).. Jakarta 1 Balai Pustaka ,1 Depdikbud

Mukholid, Agus (2007), Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan, Surakarta : PT Ghalia Indonesia Printing.

Metzler, Michael W., (2000), instructional Models for Physical Education, Allyn and Bacon, A. Pearson Educational Company.

Mosston, Muska (1981), Teaching Physical Education, 2 nd Edition, Colombus, Ohio: Charles E. Merril Publishing, A Bell & Howell Co.

Mielke, Danny (2007), Dasar-Dasar Sepak Bola, Eastern Oregon University, PT. Intan Sejati.

Midgley Rud (2000), Ensiklopedi Olahraga, Semarang, Effhar Offset.

Nugraha, Adrian R (2010), Mengenal Aneka Cabang Olahraga, Bekasi, PT Cahaya Pustaka Raga.

Nurhasan. (2001). Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas.

Nurhasan.Cholil (2007) Tes dan Pengukuran Keolahragaan. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Pratama, S., & Hadiana, O. (2016). Pengaruh Model Cooperative Learning Terhadap Sikap Kerjasama Dan Hasil Belajar Sepakbola. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(2), 94-99. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara/article/view/23

Ramadan, G. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(1), 1-10. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara/article/view/27

Sucipto, dkk (2000) Sepak Bola, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setrata D-III. Depdiknas.

Sudjana, (2002), Metode Statistika, Edisi ke 6, Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Schmidt, Richard A., (1991). Motor Leaming and Performance. From Principles to practice, Campaign,

Tinning, Richard, (1987), Improving Teaching in Physical Education, Deakin University, Australia; Brown Prior Anderson Pty.Ltd.

Universitas Pendidikan Indonesia (2013). Pedoman Karya Tulis Ilmiah. Bandung: UPI.

Vernon N. Crew , Measurment Concept in Physical Education St Louis : The C.V. Mosby Company.

Verducci, and Frank, M (1989). Measurment Concept in Physical Education.St Louis : The C.V. Mosby Company.
Published
2017-06-29
How to Cite
Setiawahyu, M. I. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Sepakbola. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(2), 181-192. https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.45
Abstract viewed = 443 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times