Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda

  • Sopy Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nunuy Nurjanah Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda, FPBS, Universitas Indonesia, Bandung Jawa Barat

Abstract

This research is a classroom action research that aims to increase the activity and learning outcomes of students. The subjects of this study were class VII students of SMPN 1 Pangandaran consisting of 32 students. Data collection techniques used instruments: (1) diagnostic assessment tests, (2) student activity observation sheets, and (4) learning achievement tests. Data were analyzed with descriptive statistical analysis and descriptive analysis. The results of this study indicate that: (1) the activity of students has increased, and (2) the average learning outcomes of Sundanese students are above the KKM score with a classical mastery level of 87.5%. From the results of this study it can be concluded that the application of a differentiated learning model can increase the activity and learning outcomes of students.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sopy, Universitas Pendidikan Indonesia

Ketidaksesuaian antara strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dengan karakteristik, minat dan  gaya belajar peserta didik membuat kurang maksimalnya aktivitas dan hasil belajar bahasa Sunda peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah usaha untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui strategi pembelajaran diferensiasi pada materi dongeng di kelas VII-A SMPN 1 Pangandaran yang terdiri dari 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument: (1) tes asesmen diagnostik, (2) lembar observasi aktivitas peserta didik, dan (4) tes hasil belajar. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran diferensiasi dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik peserta didik terlihat dari rata-rata hasil belajar bahasa Sunda peserta didik berada diatas nilai KKM dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 87,5%.

References

Dewantara, Ki Hadjar. (2009) Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.
Ferlianti, S., Mu’iz, M. S., & Chandra, D. T. (2022). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dengan Metode Blended Learning’s Station Rotation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(03), 266-272.
Hadi, W., Wuriyani, E. P., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). Desain pembelajaran diferensiasi bermuatan Problem Based Learning (Pbl) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa Pada Era Kenormalan Baru Pascapandemi COVID-19. Basastra, 11(1), 56-68.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.
Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123-140.
Kemendikbud. 2022. Pembelajaran 2.1 Eksplorasi Konsep Pembelajarn Berdiferensiasi. Program Pendidikan Guru Penggerak. Jakarta.
Pesona, R. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Pembelajaran Diferensiasi pada Peserta Didik Kelas VIII (Doctoral dissertation, FE).
Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin (Studi Pada Siswa di Mi Nihayatul Amal Gunungsari Cirebon ). Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4118–4125.
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94.
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate instruction in mixed-ability classrooms 2nd Ed). Alexandria, VA: ASCD.
Published
2024-05-08
Section
Articles
Abstract viewed = 58 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 41 times