Kajian Etnopedagogi pada Kesenian Bangreng di Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut

  • YANTI TIANAWATI Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda, FPBS, Universitas Indonesia, Bandung Jawa Barat
  • Dedi Koswara Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda, FPBS, Universitas Indonesia, Bandung Jawa Barat
  • Yayat Sudaryat Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda, FPBS, Universitas Indonesia, Bandung Jawa Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai etnopedagogi yang terdapat pada kesenian Bangreng di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data diperloleh dari hasil observasi, wawancara langsung ke lapangan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah  kartu data untuk menginterpretsikan nilai-nilai etnopedagogik yang terdapat pada kesenian Bangreng.. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.  Hasil penelitian ini menujukkan bahwa etnopedagogi Sunda  muncul dalam kesenian Bangreng. Bagaimanapun, hal-hal yang ditemukan merupakan hasil interpretasi oleh peneliti. Etnopedagogi Sunda dalam seni bangreng diinterpretasikan berdasarkan rangkaiannya. Hal ini dikarenakan etnopedagogi Sunda dapat dilihat melalui aktivitas yang dimunculkan, ketika dijelaskan makna dari setiap rangkaiannya. Walaupun dalam seni bangreng mencakup tiga struktur yaitu rangkaian, alat, dan pelengkap, namun dari ketiga struktur tersebut rangkaian seni bangreng lebih tepat tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai etnopedagogi yang terdapat pada kesenian Bangreng di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data diperloleh dari hasil observasi, wawancara langsung ke lapangan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah  kartu data untuk menginterpretsikan nilai-nilai etnopedagogik yang terdapat pada kesenian Bangreng.. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.  Hasil penelitian ini menujukkan bahwa etnopedagogi Sunda  muncul dalam kesenian Bangreng. Bagaimanapun, hal-hal yang ditemukan merupakan hasil interpretasi oleh peneliti. Etnopedagogi Sunda dalam seni bangreng diinterpretasikan berdasarkan rangkaiannya. Hal ini dikarenakan etnopedagogi Sunda dapat dilihat melalui aktivitas yang dimunculkan, ketika dijelaskan makna dari setiap rangkaiannya. Walaupun dalam seni bangreng mencakup tiga struktur yaitu rangkaian, alat, dan pelengkap, namun dari ketiga struktur tersebut rangkaian seni bangreng lebih tepat tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badrutamam A.F. (2021) Kesenian Bangreng Dalam Upacara Ngaruat Bumi Di Desa Sukatani Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Endraswara, S. (2020). Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Ombak.
Hadi.S dan Suparli.L (2019) Estetika Tari Pada Jenis Kesenian Bangreng Di Sumedang. Jurnal Seni Makalangan, Vol. 6 No. 1
Haerudin, D., & Koswara, D. (2017). Transformasi dan Kajian Etnopedagogi Naskah Wawacan Sulanjana. Jurnal Lektur Keagamaan, 15(1), 1–20. https://doi.org/10.31291/jlk.v15i1.513
Ningsih, D. N., & Erdlanda, F. M. (2019). Nilai Pendidikan Dalam Kesenian Rengkong Di Cianjur Jawa Barat: Kajian Etnopedagogi. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(01).https://doi.org/10.33557/jedukasi.v11i01.201
Nur, A.G - (2019) Perubahan Struktur Penyajian Dan Fungsi Seni Bangreng Pada Lingkung Seni Giri Asih Di Kecamatan Salawu .Skripsi, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Ratna, N. K. (2010). Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Sosial HumanioraPada Umumnya. Pustaka Pelajar
Ria I. T., dkk, (2018). “Kesenian Bangreng di Kabupaten Sumedang”, Laporan Perekaman Peristiwa Sejarah dan Budaya, Bandung: BPNB Jabar.
Rohaedi, E. Nurjanah, N. (2023) Upacara Serentaun dalam perspektif Etnopedagogi. Jaladri, Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda, 9 (01). https://doi.org/10.33222/jaladri.v9i1.2489
Sofian, N (2019) Bangreng As A Means Of Spreading Islam. HUNAFA, Jurnal Studi Islamika, Vol. 16 No. 1 tahun 2019). 19-32.https://doi.org/https://doi.org/10.24239/jsi.v16i1.503.19-32
Sudaryat, Y. (2015). Wawasan Kesundaan.: Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah UPI Bandung
Published
2023-10-28
Section
Articles
Abstract viewed = 94 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 79 times