Penerapan Model Concept Sentence melalui Media Box Magic untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Sisindiran

  • Sofa Marwah Marwah Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda, FPBS, Universitas Indonesia, Bandung Jawa Barat
  • Poppy Sofia Sofia Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda, FPBS, Universitas Indonesia, Bandung Jawa Barat

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan sisiwa dalam menulis sisindiran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis sisindiran di kelas XI SMK Setia Bhakti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kuasi eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest and posttest. Adapun, teknik mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes unjuk kerja yang terdiri dari kegiatan pretest dan posttest. Adapun yang menjadi sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL  SMK Setia Bhakti tahun ajaran 2022-2023. Berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata nilai kemampuan menulis sisindiran siswa sebelum menggunakan model pembelajaran concept sentence dengan media box magic adalah 66,4, sedangkan setelah menggunakan model pembelajaran concept sentence dengan media box magic meningkat menjadi 84,6 dari KKM 75. Ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis sisindiran siswa kelas XI AKL  SMK Setia Bhakti tahun ajaran 2022-2023 sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran concept sentence dengan media Box magic. Hal itu dapat dilihat dari hasil uji hipotesis, diketahui (11,42) > (2,44), dengan menggunakan tarif kepercayaan 99%. Dapat disimpulkan bahawa model pembelajaran model concept sentence dengan media box magic bisa meningkatkan kemampuan menulis sisindiran siswa kelas XI AKL  SMK Setia Bhakti tahun ajaran 2022-2023.

Kata kunci : media box magic; keterampilan menulis; sisindiran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca (2nd ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. (2017). Kurikulum Tingkat Daerah Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Berbasis Kurikulum 2013 Revisi 2017 jenjang SMA. Bandung: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar. untuk-meningkatkan-keterampilan-membaca-ny.
Jubaidah, I. (2014). Kesalahan Ejahan dalam Menulis Berita Siswa Kelas IX SMP Laboratorium Percontohan UPI Tahun Ajaran 2013/2014. 5, 156–161. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/lokabasa/article/view/15954/8911.
Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru) (2nd ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suyono, Harsiati, T., & Wulandari, I. S.




(2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pemebelajaran Tematik di Sekolah Dasar. 26, 116–123. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/download/3050/pdf&ved=2ahUKEwiD2tHOv5bnAhXFX3wKHQuNAcQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw16xQpQwGto-B-YQepqrxbE.
Burhan. (2014) Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE
Septiani, R.P. (2017). Model
Pembelajaran Round Table Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Sisindiran. Jurnal V o l . 5 N o . 2 , A g u s t u s 2 0 1.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (2015th ed.; Tim Artistik Angkasa, ed.). Bandung: CV Angkasa.
Published
2023-10-30
Section
Articles
Abstract viewed = 41 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 46 times