Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Membaca Dongeng di Kelas VII MTs Terpadu Riyadul Badiah
Abstract
Penelitian ini memiliki latar belakang kurangnya kemampuan siswa dalam membaca dongeng di MTs Terpadu Riyadul Badiah. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan antara lain untuk: satu, kemampuan membaca dongeng siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. dua, mengetahui kemampuan membaca dongeng siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. tiga, mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan membaca dongeng siswa di MTs kelas VII. Metode penelitian yang dipakai adalah metode eksperimen dan jenis penelitiannya adalah kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII A selaku kelas eksperimen dan siswa kelas VII B selaku kelas kontrol. Teknik mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan the prites postes control group design. Hasil penelitian menghasilkan model kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap hasil membaca dongeng siswa, jika sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata (mean) jauh dari nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)begitu pun dengan kelas kontrol jauh dari nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw nilai rata-rata (mean) kelas eksperiman yang sama dengan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) meningkat. Dan dilihat dari uji-t nilai sig.lebih kecil. Maka dari itu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan membaca dongeng siswa di kelas VII MTs Terpadu Riyadul Badiah.
Downloads
References
Pembelajara di Sekolah. Perpustakaan Nasional Katalog dalam Terbitan
(KDT) (Vol. 392, Issue 2).
https://doi.org./10.1007/s00423-006-0143-4
Andani, R. T. (2020). Model Pangajaran
Directed Reading- Thinking Activity
(DR- TA) Pikeun Ngaronjatkeun
Kamampuh Maca Pamahaman Sajak
(Studi Kuasai Eksperimen ka Siswa
Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 15
Bandung Taun Ajaran 2019/2020
[Universitas Pendidikan Indonesia].
https://repository.upi.edu/53841/
Anggraeni, W. (2019). Strategi Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw: Pengaruhnya
Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa. Indonesian Journal of Science
and Mathematics Educations, 2(1), 98-106
Arif, S. (2010). Penerapan Metode Eksperimen
untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA
Pokok Bahasan Tumbuhan Hijau Siswa
Kelas V SDN Dandanggendis
Kecamatan Nguling Kabupaten
Pasuruan. Library.um.ac.id.
Budi Rahayu Tamsyah, S. (1997). Pangajaran
Sastra Sunda Pikeun Siswa SD-SLTP-SMU, jeung Umum. Pustaka Setia
Casnan. (2021). Statistika Deskriftif. K Media
Harahap, R. A. (2019). Membangun
Kecerdasan Anak Melalui Dongeng.
Generasi Emas
Hertiavi, H. L. (2010). Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Untuk Peningkatan Kemampuan
Pemecahan Masalah Siswa SMP.
Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2)
Iskandarwassid, Spk. (2004). Model-model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Sunda . Bandung: Wahana Karya Grafika.
Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber
Pengembangan Intelektual. Al Daulah :
Jurnal Hukum Pidana Dan
Ketatanegaraan, 5(2), 352-376.
http://doi.org//10.2452/ad.v5i2.4854
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca Di
Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi
Aksara.
Ramadan, E., & Triwahyuni, H. (2020).
Evektifitas Pembelajaran Menyimak
Dongeng Berbasis Youtube Dalam
Pembelajaran Bahasa Sunda Pada
Masa Pandemi Covid-19. Indonesia
Journal Of Science, 1(1), 18-26
Rusman, M. (2012). Model- model
Pembelajaran Mengembangkan
Profesionalism Guru. Rajawali Pers.
Ropiah, O., & Rifai, I. (2020). Pengaruh
Penggunaan Media Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Pupujian Sunda. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Prmbelajaran, 8(3), 125- 130.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D . Alfabeta.
Tarigan. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Penerbit Angkasa Bandung.
Copyright (c) 2023 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda. Dengan mengirimkan artikel/naskah artikel, penulis menyetujui kebijakan ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh Creative Commons Attribution - lisensi ShareAlike seperti yang saat ini ditampilkan pada Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang sepenuhnya dimiliki oleh penulis dan bebas dari hak pihak ketiga mana pun, dan izin tertulis apa pun yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda adalah menyebarkan artikel yang diterbitkan secara gratis. Di bawah lisensi Creative Commons, Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menampilkan karya. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda yang mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.
4. Hak Penulis
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas karya yang diterbitkan, seperti (namun tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
a. Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten,
b. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya-karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku,
c. Hak untuk memperbanyak artikel untuk kepentingan sendiri,
d. Hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda).
5. Penulisan Bersama,
Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya mengenai ketentuan kebijakan ini. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda hanya akan berkomunikasi dengan penulis terkait.
6. Royalti
Menjadi jurnal yang dapat diakses secara terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah ketentuan lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak memberikan hak kepada penulis untuk royalti atau biaya