https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/ictlearning/issue/feed ICT Learning 2024-11-01T12:01:41+00:00 Ahmad Fajri Lutfi ahmadfajrilutfi@upmk.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><em>ICT Learning</em> adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi PTIK STKIP Muhammadiyah Kuningan pada tahun 2015, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Mei dan Desember. Jurnal Ilmiah Educater&nbsp;memuat beragam disiplin ilmu pendidikan teknologi informasi dan komunikasi, terutama dalam lingkup media pembelajaran berbasis IT, IT untuk pendidikan, E-Learning, sistem informasi dan literasi digital. Tahun 2015 memperoleh ISSN cetak&nbsp;2459-959X.</p> https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/ictlearning/article/view/4277 EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS QUIZIZZ DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VII DI SMPN 4 2024-11-01T11:36:10+00:00 Vera Fitria El-Humaira vayumi83@gmail.com Ahmad Fajri Lutfi ahmadfajrilutfi@upmk.ac.id <p>SMP Negeri 4 Kuningan telah melaksanakan pembelajaran TIK mulai awal tahun ajaran 2022-2023. Menurut Pak Anton Susanto, A.Md. selaku guru TIK kelas 7 di SMPN 4 Kuningan menyampaikan bahwa dalam pengalamannya selama mengajar TIK ada beberapa hal yang seringkali dikeluhkan terkait minat belajar siswa yang terkadang naik dan turun, siswa yang tidak terfokus ketika guru menerangkan atau memberikan materi secara konvensional atau classical. Dalam proposal ini, penulis menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan drill karena penelitian yang akan dilakukan adalah ingin mengetahui perbandingan dari variabel bebas dan variabel terikat. Variabel yang dicobakan dalam penelitian ini adalah penerapan drill model menggunakan quizizz terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK.</p> 2024-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/ictlearning/article/view/4275 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GAME EDUKASI ANTARA QUIZIZZ DAN BAAMBOZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK KELAS IX SMP NEGERI 1 CIWARU 2024-11-01T11:25:56+00:00 Gelar Pascawindra gpascawindra@gmail.com Asep Mahpudin asepmahpudin@upmk.ac.id <p>Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi tumbuh sangat pesat di masa globalisasi saat ini dan sudah membagikan inovasi baru dalam dunia pembelajaran. Kemajuan teknologi yang terus tumbuh dari waktu ke waktu membuat dunia pembelajaran semakin menjadi tidak terlepas dari kebutuhan akan media media Pendidikan yang inovatif serta kreatif berbasis teknologi. Bersumber pada pengamatan di SMP Negeri 1 Ciwaru ditemukan kenyataan bahwa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi guru kurang memaksimalkan dan memanfaatkan sumber daya pembelajaran karena kebanyakan guru yang mengajar pada mata pelajaran tersebut bukan linier atau latar belakangnya bukan dari Informatika. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan dengan mata pelajaran TIK siswa masih cenderung pasif dan hanya berpusat pada guru. Metode pembelajaran yang digunakan di SMP Negeri 1 Ciwaru masih belum variatif karena Guru masih menggunakan metode ceramah di setiap menyampaikan materi. Hal ini berakibat pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Siswa kurang dapat meningkatkan diri serta cenderung dituntut hanya menghafal ataupun mengingat modul yang disampaikan.</p> 2024-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/ictlearning/article/view/4278 METODE PEMBELAJARAN ERA DIGITAL MENGGUNAKAN PLATFORM E-LEARNING BERBASIS MOODLE 2024-11-01T11:39:39+00:00 Dandi Nugraha dandinugraha686@gmail.com Ipan Ripai ipan@upmk.ac.id <p>Tujuan penelitian ini antara lain : 1) Untuk mengetahui pengaruh platform e-larning berbasis moodle pada proses pembelajaran, 2) mengetahui efektifias platform e-learning berbasis moodle pada proses pembelajaran siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen dan jenis penelitian yang digunkan adalah kuantitatif dengan desain One Group Pre-test Post-test penelitian ini dilaksanakn di SMK Negeri 2 Kuningan dengan sampel acak yaitu kelas X PPLG 3 dengan jumlah 34 oran sebgai sampel penelitian. Intrumen ini mengukur pengauh dan efektifitas penggunaan e-learning dalam pembelajaran peserta didik dengan menggunakan soal pretest dan posttest. Hasil penelitian yaitu : 1) hasil belajar peserta didik sanagt meningkat setelah menggunakan media pembelajaran e- learning berbasis moodle 2) berdasarkan uji t (paired sample t-test) Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai &lt; 0,05 maka dari hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media e-learning berbasis moodle memiliki pengaruh dalam pembelajaran peserta didik kelas X PPLG3 di SMK Negeri 2 Kuningan.</p> 2024-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/ictlearning/article/view/4276 PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA DI SMK IT BINAUL UMMAH KUNINGAN 2024-11-01T11:30:43+00:00 Imam Fathu Rohman imamfaturohman699@gmail.com Dena Latif Setiawan denalatifsetiawan@upmk.ac.id <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman belajar siswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi dan sampel sebanyak 16 orang di kelas X Teknik Laboratorium Medik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital menggunakan media animasi berbasis animaker. Pada penelitian ini terdapat satu kelompok dan membandingkan hasil pres-test dengan hasil post-test. Selain itu ada pengujian validasi media dari ahli media dan ahli materi untuk mengetahui tingkat kelayakan media yang akan digunkan saat proses pembelajaran. Hasil yang dieroleh dari ahli media itu sebesar 92% dan hasil persentase dari ahli materi sebesar 86%, yang dimana di kategorikan “Sangat Layak”. Adapun hasil penelitian menggunakan uji-t paired sample t-tes. Hasil yang diperoleh adalah t hitung sebesar 16.418 dan t tabel dengan taraf signifikan 5% adalah 2,145, yang dimana terdapat peningkatan yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital, karena nilai t hitung 16,418 &gt; nilai t tabel 2,145 dan terdapat perbedaan yang signifikan</p> 2024-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/ictlearning/article/view/4281 PENGARUH IMPLEMENTASI AKUN BELAJAR.ID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI SMPN 2 CINIRU 2024-11-01T11:57:15+00:00 Anton Suparto antonsuparto@gmail.com Dodi Ahmad Haerudim dodi@upmk.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Akun Belajar.ID terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMPN 2 Ciniru. Adapun sampel penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 2 Ciniru yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantititafif dengan dengan rancangan penelitian one group pretest and posttest desain. Data dikumpulkan melalui tes sebelum dan sesudah menggunakan model yang diujikan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil Belajar dalam Pembelajaran Informatika Siswa Kelas IX SMPN 2 Ciniru sebelum menggunakan Akun Belajar.ID, kurang dengan nilai rata-rata 33,19, hasil Belajar dalam Pembelajaran Informatika Siswa Kelas IX SMPN 2 Ciniru setelah menggunakan Akun Belajar.ID, baik sekali dengan nilai rata-rata 83,33, dan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada siswa sebelum menggunakan Akun Belajar.ID dengan setelah menggunakan Akun Belajar.ID di Kelas IX SMPN 2 Ciniru. Artinya, terdapat Pengaruh Implementasi Akun Belajar.ID terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMPN 2 Ciniru.</p> 2024-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/ictlearning/article/view/4282 PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SMART HOME DI SMK NEGERI 1 KANDANGHAUR 2024-11-01T12:01:41+00:00 Nuryati S nuryatisafitri3@gmail.com Eva Gustiana evs_psikoli@upmk.ac.id <p>Hasil belajar siswa saat ini masih di bawah kriteria ketuntasan minimal. Upaya untuk meningkatkannya dengan menerapkan metode pembelajaran project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perubahan hasil belajar siswa setelah di berikan perlakuan terhadap kelas ekperimen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain factorial design. Populasi seluruh siswa kelas X TJKT SMK Negeri 1 KANDANGHAUR Indramayu yang terdiri dari tiga kelas dengan sampel X TJKT 1 dan X TJKT 2 yang diambil secara cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes esay terbuka berjumlah lima soal dengan kriteria valid dan reliabel, teknik analisis data berdasarkan hal tersebut dapat diajukun hipotesis penelitian, adakah pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi smart home, sebagai berikut: Ho : Tidak ada pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa. Ha : Terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil dan dapat disimpulkan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa berdasarkan metode pembelajaran yaitu hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran project based learing berbasis video pada materi smart home, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa berdasarkan metode pembelajaran yaitu hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran project based learing berbasis video pada materi smart home. Saran yang dapat disampaikan dari penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran project based learning berbasis media pembelajaran video dapat digunakan sebagai salah satu referensi untuk mengembangkan proses pembelajaran dikelas agar siswa menjadi lebih aktif, serius dan menyenangkan dalam proses pembelajaran materi smart home.</p> 2024-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/ictlearning/article/view/4279 PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) BERBASIS WEBSITE UNTUK MEMUDAHKAN PROSES PENDAFTARAN SISWA DI SMK PGRI CIAWIGEBANG 2024-11-01T11:47:05+00:00 Ichsan Setiana ihsansetiana08@gmail.com Sofhian Fazrin Nasrulloh sfn@upmk.ac.id <p>Untuk mendukung terlaksananya peraturan pemerintah terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan baik, diperlukan pengembangan sistem pada sekolah SMK PGRI Ciawigebang yang selama ini berjalan secara manual. Hal ini mengakibatkan calon siswa sering kali mengalami kendala seperti kesulitan mendapatkan informasi untuk melakukan proses pendaftaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web dengan Framework CodeIgniter dan database MySQL yang mampu mengelola pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru yaitu pendaftaran, seleksi, pengumuman, dan pendaftaran ulang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan Model ADDIE. Sebelum diujikan sistem terlebih dahulu divalidasi oleh ahli media dan calon siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan wawancara, observasi dan angket kuisioner. Hasil akhir dari pengembangan sitem informasi PPDB ini pengujian functionality mendapatkan 100% masuk dalam kategori sangat layak, dan usability mendapatkan 91,9% masuk dalam kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan sistem informasi layanan penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis website untuk memudahkan proses pendaftaran siswa di SMK PGRI Ciawigebang termasuk dalam kategori sangat layak dalam sistem informasi.</p> 2024-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/ictlearning/article/view/4280 PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI PERANGKAT KERAS KOMPUTER MENGGUNAKAN CISCO-IT ESSENTIALS VIRTUAL DESKTOP PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SATU ATAP SITUGEDE TAHUN PELAJARAN 2022/2023 2024-11-01T11:52:55+00:00 Abdul Rosid abdulrosid7656@gmail.com Yoyo Zakaria yoyo_tik@upmk.ac.id <p>Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Peningkatan Keterampilan Mengidentifikasi Perangkat Keras Komputer Menggunakan Cisco-It Essentials Virtual Desktop Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Situgede Tahun Pelajaran 2022/2023. Rumusan Masalah yaitu Bagaimana Peningkatan Keterampilan Mengidentifikasi Perangkat Keras Komputer Menggunakan Cisco-It Essentials Virtual Desktop Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Situgede Tahun Pelajaran 2022/2023? Tujuan penelitian ingin tahu Peningkatan Keterampilan Mengidentifikasi Perangkat Keras Komputer Menggunakan Cisco-It Essentials Virtual Desktop Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Situgede Tahun Pelajaran 2022/2023. Adapun manfaat penelitian yaitu (1) Bagi sekolah Sebagai bahan referensi bagi sekolah untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dengan media pembelajaran Cisco-IT Essential Virtual Desktop; (2) Bagi guru dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran Cisco-IT Essential Virtual Desktop dalam proses belajar mengajar; (3) Bagi siswa dapat meningkatkan kopetensi siswa dalam mengidentifikasi perangkat keras komputer serta meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental design Tempat Penelitian SMP Negeri Satu Atap Situgede Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan. Teknik Pengumpulan Data adalah teknik tes dan teknik nontes. Teknik Analisis Data data yang akan dilakukan adalah (1) teknik kuantitatif dan (2) teknik kualitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk menganalisis data kuantitatif dimana data tersebut diperoleh dari hasil pretest dan posttest dalam mengidentifikasi perangkat keras komputer yang dilakukan oleh siswa pada tahap I dan tahap II.</p> 2024-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c)