PENGARUH IMPLEMENTASI AKUN BELAJAR.ID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI SMPN 2 CINIRU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Akun Belajar.ID terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMPN 2 Ciniru. Adapun sampel penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 2 Ciniru yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantititafif dengan dengan rancangan penelitian one group pretest and posttest desain. Data dikumpulkan melalui tes sebelum dan sesudah menggunakan model yang diujikan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil Belajar dalam Pembelajaran Informatika Siswa Kelas IX SMPN 2 Ciniru sebelum menggunakan Akun Belajar.ID, kurang dengan nilai rata-rata 33,19, hasil Belajar dalam Pembelajaran Informatika Siswa Kelas IX SMPN 2 Ciniru setelah menggunakan Akun Belajar.ID, baik sekali dengan nilai rata-rata 83,33, dan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada siswa sebelum menggunakan Akun Belajar.ID dengan setelah menggunakan Akun Belajar.ID di Kelas IX SMPN 2 Ciniru. Artinya, terdapat Pengaruh Implementasi Akun Belajar.ID terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMPN 2 Ciniru.