METODE PEMBELAJARAN ERA DIGITAL MENGGUNAKAN PLATFORM E-LEARNING BERBASIS MOODLE
Abstract
Tujuan penelitian ini antara lain : 1) Untuk mengetahui pengaruh platform e-larning berbasis moodle pada proses pembelajaran, 2) mengetahui efektifias platform e-learning berbasis moodle pada proses pembelajaran siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen dan jenis penelitian yang digunkan adalah kuantitatif dengan desain One Group Pre-test Post-test penelitian ini dilaksanakn di SMK Negeri 2 Kuningan dengan sampel acak yaitu kelas X PPLG 3 dengan jumlah 34 oran sebgai sampel penelitian. Intrumen ini mengukur pengauh dan efektifitas penggunaan e-learning dalam pembelajaran peserta didik dengan menggunakan soal pretest dan posttest. Hasil penelitian yaitu : 1) hasil belajar peserta didik sanagt meningkat setelah menggunakan media pembelajaran e- learning berbasis moodle 2) berdasarkan uji t (paired sample t-test) Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai < 0,05 maka dari hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media e-learning berbasis moodle memiliki pengaruh dalam pembelajaran peserta didik kelas X PPLG3 di SMK Negeri 2 Kuningan.