PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA DI SMK IT BINAUL UMMAH KUNINGAN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman belajar siswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi dan sampel sebanyak 16 orang di kelas X Teknik Laboratorium Medik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital menggunakan media animasi berbasis animaker. Pada penelitian ini terdapat satu kelompok dan membandingkan hasil pres-test dengan hasil post-test. Selain itu ada pengujian validasi media dari ahli media dan ahli materi untuk mengetahui tingkat kelayakan media yang akan digunkan saat proses pembelajaran. Hasil yang dieroleh dari ahli media itu sebesar 92% dan hasil persentase dari ahli materi sebesar 86%, yang dimana di kategorikan “Sangat Layak”. Adapun hasil penelitian menggunakan uji-t paired sample t-tes. Hasil yang diperoleh adalah t hitung sebesar 16.418 dan t tabel dengan taraf signifikan 5% adalah 2,145, yang dimana terdapat peningkatan yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital, karena nilai t hitung 16,418 > nilai t tabel 2,145 dan terdapat perbedaan yang signifikan