PENERAPAN MEDIA VISME UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AGAMA ISLAM PADA ANAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) NURUL IMAN DESA GUNUNGJAYA KEC. SALEM KAB. BREBES

  • Muhamad Yusuf Hidayat STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Eva Gustiana STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di TPQ Nurul Iman Gunungjaya dapat di ketahui bahwa metode pembelajaran di TPQ masih menggunakan metode konvensional yang menyebabkan rendahnya minat belajar pada anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar pada anak menggunakan media Visme dalam pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif untuk mengetahui seberapa minat belajar anak dengan desain "One Group Pretest-Posttest Design". Populasi dalam penelitianini adalah 30 siswa TPQ Nurul Iman Gunungjaya dengan sampel 20 siswa yang nantinya akan dibagi menjadi dua kelompok pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest melalui angket atau kuesioner. Bukti pengaruh perlakuan terhadap minat belajar siswa kelompok kontrol (pretest) dan kelompok eksperimen (posttest) dapat dilihat dari perbandingan antara rata-rata kelompok eksperimen uji paired (T-test). Perbandingan data minat belajar siswa kelompok eksperimen (posttest) lebih tinggi dibanding dengan minat belajar kelompok kontrol (pretest), dimana kelompok eksperimen (postest) memiliki skor rata-rata motivasi belajar sebesar 4,10 sedangkan kelompok kontrol (pretest) memiliki skor rata-rata sebesar 28,50. Nilai rerata dari pretest dan posttest kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Peningkatan minat belajar di TPQ Nurul Iman Gunungjaya setelah menggunakan media Visme sebesar 50,52%.
Dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi rata-rata dari minat belajar siswa untuk pretest kelompok kontrol dengan posttest kelompok eksperimen sebesar 0,000<0,05, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, artinya penggunaan media Visme berpengaruh dalam pembelajaran di TPQ Nurul Iman Gunungjaya.

Keywords: Metode Pembelajaran, Media Visme, Minat Belajar Siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-01
Section
Articles
Abstract viewed = 32 times
PDF downloaded = 23 times