PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS SWISHMAX TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DKV PADA MATA PELAJARAN FOTOGRAFI DIGITAL DI SMK PGRI CIAWIGEBANG
Abstract
Berdasarkan hasil pra penelitian di SMK PGRI Ciawigebang diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model konvensional. Untuk mempermudah guru dalam menyampaikan pembelajaran, penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran video animasi berbasis swishmax pada motivasi belajar siswa di SMK PGRI Ciawigebang; (2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh siswa sesudah menggunakan media pembelajaran video animasi berbasis swishmax; Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video animasi berbasis swishmax;. Desain penelitian ini yaitu quasi exsperimental menggunakan rancangan nonequivalent contol group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI DKV 1 dan XI DKV 2 yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan angket, instrumen yang digunakan yaitu angket. Hasil dari penelitian ini dengan melakukan pengujian secara signifikasi ini maka dapat disimpulkan bahwa nilai t-hitung 5.540 > 0,349. Jadi, 𝐻a diterima jika thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh media pembelajaran video animasi berbasis swishmax terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI DKV pada mata pelajaran fotografi digital di SMK PGRI Ciawigebang