PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FOCUSKY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI NEGOSIASI DI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMAN 1 KADUGEDE

  • Choerunisa STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Dena Latif Setiawan STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah, pada umumnya sekolah masih menggunakan media textbook atau buku paket Bahasa Indonesia sebagai satu-satunya acuan yang digunakan. Di sekolah yang menjadi tempat penelitian pun masih menggunakan buku paket sebagai media pembelajaran di kelas atau masih menggunakan metode ceramah yang masih berpusat pada guru. Hal ini disebabkan karena belum banyaknya media yang tersedia untuk digunakan dalam menjelaskan materi negosiasi pada mata pelajaran bahasa indonesia, sehingga kegiatan pembelajaran materi negosiasi pada mata pelajaran bahasa indonesia ini menjadi monoton dan kurang menarik serta kurang memberi motivasi bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media pemelajaran focusky. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah “Pretest-Posttest Control Group Design”. Populasi yang akan digunakan adalah siswa kelas X.A yang berjumlah 36 orang terdiri dari 23 orang perempuan dan 13 orang laki-laki serta kelas X.C yang berjumla 36 orang terdiri dari 25 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Teknik Pengumpulan data soal / tes (Pretest - Posttest) dan Quesioner (Pretest - Posttest). Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang di ajarkan menggunakan metode pembelajaan konvensional dengan hasil belajaran siswa yang ajarkan menggunakan media pembelajaran focusky pada materi negosiasi di mata pelajaran bahasa Indonesia kelas x di sman 1 kadugede, hal ini dapat di lihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t di peroleh bahwa Thitung > Ttabel (8,543 > 2,032) dan nilai signifikasinya lebih dari 0,05 (p=0,000 < 0,05), sehingga dapat di nyatakan terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan nilai hasil belajar secara signifikan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan demikina dapat disimpulkan bawa H0 ditolak dan Ha diterima.

Keywords: Media Pembelajaran, Focusky, Hasil Belajar Siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-01
Section
Articles
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 1 times