EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI CISCO PACKET TRACER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • Neng Imas Sariffah STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Yoyo Zakaria STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan di SMK Muhammadiyah 2 Kuningan masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan metode pembelajaran student centered learning dengan bantuan aplikasi cisco packet tracer. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif untuk mengukur motivasi belajar siswa dengan desain pre eksperimental yang menggunakan desain “One Group Pretest-Posttest Design”. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X TKJ di SMK Muhammadiyah 2 Kuningan yang berjumlah 27 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil dari analisis statistik deskriptif kuantitatif ini menunjukkan rata-rata nilai angket pretest yaitu 64,93 sedangkan nilai angket posttest yaitu 71,96 dengan nilai peningkatan sebesar 7,03. Penelitian ini juga memperoleh hasil analisis statistik inferensial menggunakan regresi sederhana diperoleh nilai t-hitung pretest yaitu 0,388 < dari t-tabel yakni 2,059 dan untuk posttest nilai t-hitung 7,549 > 2,059. Maka dapat disimpulkan bahwa pada pretest H0 diterima dan Ha ditolak yang artinya pada pretest tidak terdapat peningkatan motivasi belajar siswa. Sedangkan pada posttest H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat peningkatan yang signifikan pada motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran student centered learning pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 2 Kuningan.

Keywords: Metode Pembelajaran, Student Centered Learning, Cisco Packet Tracer

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-01
Section
Articles
Abstract viewed = 41 times
PDF downloaded = 29 times