PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (STUDI KASUS SMAN 1 LURAGUNG)

  • Ninda Aniyah STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Ipan Ripai STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah SMAN 1 Luragung Kuningan” penelitian ini bertujuan Supaya dapat mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning. Supaya dapat mengetahui hasil belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran problem based learning. Supaya dapat mengetahui apakah ada yang terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran problem based learning.Teknik analisis data ini penelitian ini menguji Uji Realiabilitas, Uji Validitas, Uji Statistik, dan Uji Asumsi Klasik Uji asumsi klasik dalam penelitian ini terdiri dari Multicolinearity, Heterocendasticity dan Autocorrelation. Dalam penelitian ini berfokus ke model pembelajaran problem based learning, setela melakukan penelitian dan olah data penulis mendapatkan hasil bahwa sebelum menggunakan metode ini memperoleh hasil sig. 0,286 masuk kedalam kategori rendah, setelah menggunakan metode model pembelajaran ini mengalami peningkatan memperoleh nilai 0,763 masuk kedalam kategori sangat tinggi. Dengan dibuktikan dari hasil uji T, sedangkan, hasil uji F ini membuktikan bahwa menggunakan metode pembelajaan problem based learning ini sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan baik hal ini dibuktikan dengan hasil uji F bahwa hasil sig. 0,935 yang artinya berada pada 600-799 yang masuk kedalam kategori Tinggi dalam tingkat kriteria yang telah ditentukan

Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Pengaruh Model

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-01
Section
Articles
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 2 times