PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMAN 1 CIGUGUR

  • Suci Nirmalasari STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Ahmad Fajri Lutfi STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian di SMA Negeri 1 Cigugur diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model konvensional. Untuk mempermudah guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan cara memberikan alternatif untuk membuat media pembelajaran, penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui peningkatan media pembelajaran Canva terhadap hasil belajar siswa; (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Canva; (3) Untuk mengetahui perbedaan antara sebelum dan sesudah di terapkan media pembelajaran
interaktif berbasis Canva. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Sampel dalam penelitian ini yaitu 26 siswa kelas XI IPS 1 dan 26 siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Cigugur. Teknik pengumpulan data melalui angket dan lembar test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,059 kemudian ttabel sebesar 1,675 sedangkan nilai sig 0,045 . Dengan demikian hasil keputusan nya yaitu nilai thitung (2,059) > ttabel (1,675) dan nilai sig (0,045) < 0,05 maka dapat disimpulkan H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif berbasis canva dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Cigugur

Keywords: Media Pembelajaran, Canva, Hasil Belajar Siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-01
Section
Articles
Abstract viewed = 63 times
PDF downloaded = 59 times