PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG SEBAGAI SARANA PENGUMPULAN TUGAS SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI SMK NEGERI 1 CILIMUS

  • Nurohman STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Sofhian Fazrin Nasrulloh STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan yang berjudul Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blog Sebagai Sarana Pengumpulan Tugas Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika di SMK Negeri 1 Cilimus. Masalah pada penelitian ini adalah keterbatasan media media pembelajaran yang cocok digunakan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis blog sebagai sarana pengumpulan tugas siswa, mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis blog tersebut, dan pemahaman siswa dalam menggunakan media pembelajaran berbasis blog ketika pembelajaran berlangsung maupun saat mengumpulkan tugas siswa. Subjek uji yang diambil adalah 33 orang siswa kelas X MPLB 3 dan 35 orang siswa kelas X Kuliner 3 SMK Negeri 1 Cilimus. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis blog sebagai sarana pengumpulan tugas siswa sangat layak digunakan, hal tersebut berdasarkan penilaian dari 2 ahli media dengan hasil yang diperoleh skor 184 dari 200 dan masuk kategori “sangat layak” dengan persentase sebesar 92% dan 2 ahli materi dengan hasil diperoleh skor 131 dari 150 dan masuk kategori “sangat layak” dengan persentase sebesar 87,33%. Hasil angket respon siswa didapatkan skor 1.394 dari 1.725 dan masuk kategori “sangat layak” dengan persentase sebesar 80,81%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis blog sebagai sarana pengumpulan tugas siswa pada mata pelajaran informatika di SMK Negeri 1 Cilimus yang telah dikembangkan masuk dalam kategori mudah digunakan dan dipahami

Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Blog

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-01
Section
Articles
Abstract viewed = 34 times
PDF downloaded = 25 times