PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS VII DI MTS NEGERI 6 KUNINGAN

  • Yudi Wahyu Azhari STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Eva Gustiana STKIP Muhamamdiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui penerapan media pembelajaran prezi pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi. (2) Mengetahui perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan software prezi dan siswa yang diajar sebelum menggunakan sofwate prezi. (3) Mengetahui perbandingan tingkat pembelajaran menggunakan media prezi dengan sebelum menggunakan media prezi. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group design. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VII TIK di MTs Negeri 6 Kuningan 2023/2024. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket respon siswa. Data dianalisis secara deskriptif. Data angket motivasi belajar siswa diperoleh dari nilai pre-test dan post-test dengan rata-rata 29,90% untuk kelas kontrol dan 40,61% untuk kelas eksperimen. Dari hasil data rata-rata presentase motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan angka sebesar 0,73% setelah menggunakan media pembelajaran prezi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan prezi lebih efektif untuk meningkatan motivasi belajar dari pada menggunakan media konvensional

Keywords: Media Pembelajaran, Prezi, Motivasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-01
Section
Articles
Abstract viewed = 104 times
PDF downloaded = 96 times