PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DENGAN MOVAVI VIDEO EDITOR PLUS UNTUK HASIL BELAJAR SISWA DI MTSN 3 KUNINGAN

  • Muhamad Dwi Faudzan STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Ahmad Fajri Lutfi STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran video dengan movavi video editor plus terhadap: (I) Bagai-mana cara penerapan media pembelajaran video dengan movavi video edior plus dalam mata pelajaraan TIK (Teknologi Infonnasi dan Kom unikasi). (2)Apakah siswa kelas VIII di MTSN 3 Kuningan mengalami peningkatan basil belajar sete-lah pembelajaran video dengan movavi video edior plus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif. Desain penelitian yang akan digunakan adalah Nonequvalent Control Group Desain. Desain ini adalah salah satu jenis desain penelitian yang tergolong ke dalam pendekatan desain Quasi Experimental Desain. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pada kelas Eksperimen peningka-tan nilai rata-rata pre test dan post test 55.90 menjadi 79.86, peningkatan yang dialami sebanyak 23,96. Sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran konven-sional mendapat hasil dari nilai rata-rata 53,17 menjadi 74,62, peningkatan yang dialami sebanyak 21,45. (2) Media pembelajaran video dengan movavi video edi-tor plus berpengaruh meningkatkan basil belajar siswa kelas VIII pada mata pela-jaran TIK (Teknologi Informasi dan Komwiikasi) dengan materi pengenalan ap-likasi pengolah kata (Microsoft word) di MTSN 3 Kuningan. (3) Nilai kelas yang menggunakan media pembelajaran video dengan movavi video editor plus diband-ingkan dengan pembelajaran konvensional.

Keywords: Pembelajaran Video, Movavi, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-01
Section
Articles
Abstract viewed = 61 times
PDF downloaded = 44 times