PENGUATAN KARAKTER SISWA KELAS 1 DENGAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DI SD NEGERI 55 KOTA BENGKULU

  • Ani Astuti Maesaroh SD NEGERI 55 KOTA BENGKULU

Abstract

Kemampuan membaca aksara arab dan menulis di SD Negeri 55 Kota bengkulu belum cukup bagi siswa sehingga kegiatan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an diterapkan dalam upaya memebrikan pengetahuan dan pehamamn sisw dala membaca dan menulis Al-quran adapun materinya adalah melafalkan dan menulis ayat- ayat Al-Qur'andengan mengetahui aturan-aturan yang telah ditetapkan seperti mahkorijul huruf, panjang pendek,kaidah tajwid, dan ghorib sehingga tidak terjadi perubahan makna, pada akhirnya terwujud hamba yang beriman dan bertaqwa kepada Allah serta berakhlak Al Qur'an dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa. Pendidikan karakter bukanlah sebuah proses menghafal materi soal ujian, dan teknik-teknik menjawabnya. Pendidikan karakter memerlukan pem- biasaan, karena karakter tidak terbentuk secara instan, tapi harus dilatih secara serius dan proporsional.

Keywords: Penguatan Karakter, Baca Tulis Al-Qur’an

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firdaus, Muhammad Aditya, Endi Suhendi, Universitas Islam, and Nusantara Bandung.“Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan” 8, no. 1 (2022).
Halim, Abdul. “Efektivitas Metode Imla’ Terhadap Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Bahasa Arab” (2021).
Hermino, Agustinus. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif.” Jurnal Studi Al-Qur’an dan Keislaman dan 2 No 1, no. 1 (2015): 19–40.
Ii, B A B. “Program Baca Tulis Qur’an (BTQ)” (2004): 2–3.
Penelitian, A Latar Belakang. “Al Quran Sebagai Petunjuk” (2019).
Syekh, Iain, and Nurjati Cirebon.“View Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk” (n.d.).
7 Metode Belajar Membaca Al-Qur’an Dan Masing-Masing Kelebihannya, 2022. https://www.detik.com/jabar/berita/d-6315198/7-metode-belajar-membaca-al-quran-dan-masing-masing-kelebihannya.
Published
2024-07-03
Abstract viewed = 30 times
PDF downloaded = 46 times