PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL EMOSIONAL DAN MORAL ANAK

  • Ajeng STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Lousy Loustiawaty STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial emosional anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Cipicung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Kecamatan Cipicung dengan sampel yang diambil dari seluruh populasi. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi. Analisis menggunakan analisis regresi dengan bantuan SPSS 21.0 for Windows dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan pola asuh orangtua terhadap perilaku sosial emosional anak usia 5-6 tahun dengan nilai Signifikansi (p < 0,05) dengan koefisien determinasi sebesar 44 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords: Pola Asuh, Perilaku Sosial Emosional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bibi, F., Chaudhry, A. G., Awan, E. A., & Tariq, B. (2013). Contribution of parenting style in life domain of children. Journal of Humanities and Social Science: University Hazana, Pakistan. 12 (2): 91-95.
Boyd, J., Barnett, W, S., Bodrova, E., Leong, D, J., & Gornby, D. (2005). Promoting children’s social and emotional development through preschool education. National Institute for Early Childhood.
Carter, D. (2016). A nature-based social emotional approach to supporting young children’s holistic development in classrooms with and whitout walls: the social emotional and environmental education development (SEED) framework. International Journal of Early Childhood Environmental Education: Boise State University, Idaho. 4 (1): 9-24.
Darling, N., & Steinberg, L. (1993). Parenting styles as context: an integrative model. The American Psychological Association, Inc: Psycological Bulletin. 113 (3): 487-496.
Georgiou, S.N. (2007). Parental involvement: beyond demographics. International Journal about Parents in Education: University of Cyprus, Nicosia, Cyprus. 1 (10): 59-62.
Hurlock, E.B. (1976). Personality development. MCGraw-Hill Delhi Publishing Company Ltd.
Isrofil. (2015). Hubungan pola asuh orangtua dengan perilaku anak usia prasekolah. Seminar Psikologi & Kemanusiaan: Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
Mahapatra, S., & Batul, R. (2016). Psychosocial consequences of parenting. Journal of Humanities And Social Science:Ravenshaw University, Cuttack Odisha, India. 21 (2): 10-17.
Maryam, Z.N. (2015). Parenting styles and children’s emotional development during the first grade: the moderating role of child temperament. Journal Psychology & Psychotherapy:University of Jyvaskyla, Finland. 5 (2): 1-12.
Morrison. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta. Indeks.
Ren, Lixin., & Edwards., C.P. (2015). Pathways of influence: chinese parents expectations, parenting styles, and child social competence. Journal Educational Psychology Common and the International and Comparative Education Commons.
Safdah, S., & zahrah, S.M. (2016). Impact of parenting styles on the intensity of parental and peer attacment: exploring the gender differencesr in adolescents. American journal of applied psychology: 4 (2): 23-30.
Santrock, J.W. (2007). Perilaku anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta. Erlangga.
Steinberg, L. (1993). Adolescence. McGraw-Hill International.
Soetjiningsih. (2012). Perilaku anak sejak pembuahan sampai dengan kanak-kanak akhir. Jakarta. Kencana.
Tremblay, M,. Gokiert, R., Georgis, R., & Edwards, K. (2013). Aboriginal perspektives on social- emotional competence in early childhood. The International Indigenous Policy Journal:University of Alberta. 4 (4): 1-21
Wibowo, A. (2013). Pendidikan karakter usia dini: strategi membangun karakter di usia emas. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Published
2023-04-10
Abstract viewed = 173 times
PDF downloaded = 164 times