Minat Baca yang Rendah Desa Tugumulya Dikarenakan Kurangnya Edukasi Dan Media Baca Dengan Mengimplementasikan TBM Sebagai Sumbernya

  • Rina Kusmarini STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Tia Nurhasaina STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Siska Merliyani STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Hana Tsabitah Mildayani STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Dini Rindiani STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Jejen Jaenudin STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Alif Nuryasin STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Dicky Alfin Faizi STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Ade Muhamad Nursoleh STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

 

Children's reading ability greatly helps their language development and is the basis for further learning. Children who are good at reading will have the ability to acquire knowledge, create understanding, and enhance existing resources. Children's reading ability must be accompanied by an increase in interest in reading so that they can be better. Learning to read for learning is divided into five categories, namely 1) directed reading, 2) cursory reading, 3) searching reading, 4) learning to read and 5) critical reading. Reading activities can: (a) help provide solutions to problems, (b) strengthen readers' beliefs, and (c) as a training (d) generate moral experience, (e) increase achievement, and (f) expand experience. In this study we examined using descriptive qualitative methods to educate the quality of reading interest in Tugumulya Village, Darma District, Kuningan Regency, Jawa Barat Province.

Keywords: first keyword; second keyword; third keyword; fourth keyword; fifth keyword

Kemampuan membaca anak sangat membantu perkembangan bahasanya dan merupakan dasar untuk belajar lebih lanjut. Anak-anak yang pandai membaca akan memiliki kemampuan untuk memperoleh pengetahuan, menciptakan pemahaman, dan meningkatkan sumber daya yang ada. Kemampuan membaca anak harus dibarengi dengan peningkatan minat dalam membaca agar mereka dapat lebih baik. Belajar membaca untuk belajar dibagi menjadi lima kategori, yaitu 1) membaca terarah, 2) membaca sepintas, 3) membaca mencari, 4) belajar membaca dan 5) membaca kritis. Aktivitas membaca dapat: (a) membantu memberikan solusi untuk masalah, (b) memperkuat keyakinan pembaca, dan (c) sebagai suatu pelatihan (d) menghasilkan pengalaman moral, (e) meningkatkan prestasi, dan (f) memperluas pengalaman. Dalam penelitian ini kita meneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mengedukasi kualitas minat baca yang ada di Desa Tugumulya Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat.

Kata Kunci: Minat baca, edukasi, kualitas, media .

Keywords: Minat baca, literasi, edukasi, kualitas, media

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-09
Abstract viewed = 51 times
PDF downloaded = 41 times