Pengaruh Taman Baca Masyarakat Terhadap Peningkatan Literasi dan Pengetahuan Masyarakat: Kasus Implementasi KKN di Wilayah Desa Sukarasa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh taman baca masyarakat terhadap literasi dan pengetahuan masyarakat di Desa Sukarasa Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Tujuan dibuat taman baca masyarakat atau pojok baca di sekolah yaitu untuk menciptakan lingkungan yang mendukung proses pembelajaran dan literasi agar membuat anak-anak serta masyarakat semakin semangat membaca buku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Adanya taman baca masyarakat di Desa Sukarasa merupakan inisiatif yang berpotensi tinggi untuk menjadi tempat kegiatan literasi dan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk membaca buku. Taman baca ini menjadi pusat pembelajaran yang inklusif bagi berbagai kalangan masyarakat. Pengaruh dari adanya taman baca di Desa Sukarasa yaitu menumbuhkan motivasi masyarakat dalam membaca buku dan menambah wawasan pengetahuan dari buku yang ada di taman baca. Selain itu, di taman baca bisa berinteraksi sosial sesama masyarakat, peluang belajar tinggi, dan kegiatan-kegiatan berbasis literasi meningkat.