Menumbuhkan Kecerdasan Emosional pada Anak Usia Dini Melalui Kesenian

  • Chofifah Nurul Hidayah Universitas Sebelas Maret Surakarta

Abstract

Penulisan jurnal ini bertujuan untuk mengetahui  bagaimana cara menumbuhkan kecerdasan emosional pada anak usia dini, dan untuk menumbuhkan kecerdasan emosional pada anak itu memerlukan peran besar orangtua serta untuk menumbuhkannya dapat melalui berbagai hal salah satu nya melalui kesenian. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif atau studi literatur dengan subjek penelitian anak usia 4-6 tahun. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mengumpulkan data dari beberapa sumber yang tertera dalam jurnal referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kesenian seperti metode bercerita atau mendongeng, melalui musik feeling, melalui bermain serta tak luput dari peran serta orangtua ketika memberikan pendidikan terhadap anaknya sehingga dapat memunculkan kecerdasan emosional seperti yang diharapkan.

Keywords: Anak Usia Dini, Kecerdasan Emosional, Kesenian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gandana, G. (2016). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional “Kaulinan Barudak” Di Taman Kanak-Kanak. Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(1), 58–72.

Hariyanto. (2018). Menanamkan kecerdasan emosional pada anak usia dini melalui cerita dan musik. 2(2).

Haryati, S. Y., & Atmaja, J. R. (n.d.). PENGARUH PENGAWASAN ( CONTROLLING ) ORANG TUA PENDAHULUAN Peran orang tua dan pendidik pada dasarnya mengarahkan anak- anak sebagai generasi unggul , karena potensi anak tidak akan tumbuh dengan sendirinya tanpa bantuan orang Mereka subur untuk memerlukan. 91–103.

Priyanti, L., & Setyowati, N. (2017). Optimalisasi kecerdasan emosi melalui musik feeling band pada anak usia dini. E-Journal.Unipma.Ac.Id, 3(1), 20–33.

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Journal Equilibrium, pp. 1–8. Retrieved from yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf

Ramadhan Lubis, K. (2018). Permainan Tradisional sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 177–186. https://doi.org/http://dx.doi.org./10.14421/al-athfal.42-05

Yetti, E.-. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Gerak Tari Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Panggung, 22(2), 213–224. https://doi.org/10.26742/panggung.v22i2.63

Published
2020-06-19
Abstract viewed = 70 times
pdf downloaded = 117 times