Permainan Tradisional Jamuran: Analisis Pengetahuan Guru PAUD Yogyakarta Ditinjau dari Taksonomi Bloom

  • Avanti Vera Risti Pramudyani Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

Permainan Jamuran adalah permainan tradisional yang popular di PAUD dan sebagian besar guru memahami sebagai permainan yang mengembangkan kemampuan sosial emosional khususnya kemampuan kerjasama. Namun, apabila dikaji permainan ini mampu menjadi media untuk menstimulasi keenam aspek perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat pengetahuan guru dalam memanfaatan permainan Jamuran dalam pembelajaran PAUD dikaji dari taksonomi Bloom. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan validasi data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan, tingkat pengetahuan guru terbagi menjadi tiga level rendah, sedang, dan tinggi. Untuk level rendah guru masih memerlukan pengetahuan lebih banyak tentang permainan Jamuran agar dapat lebih memanfaatkan sarana stimulasi. Sedangkan pada level sedang dan tinggi pengetahuan yang dimiliki cukup sebagai dasar bagi guru untuk mengembangkan permainan Jamuran. Namun diharapkan guru terus meningkatkan kemampuannya agar sesuai dengan perkembangan keilmuan dan kebutuhan anak didik.

Keywords: pengetahuan guru, paud, permainan tradisional, jamuran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, Lorin W. & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (1st ed.). Pustaka Pelajar.
Darmawan, I P. Ayub & Sujoko, E. (2013). REVISI TAKSONOMI PEMBELAJARAN BENYAMIN S. BLOOM. Satya Widya: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 29(1), 30–39. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p30-39
Dharmamulya, dkk, S. (2005). Permainan Tradisional Jawa. Kepel Press.
Gunawan, Iman & Palupi, R. A. (2012). Taksonomi Bloom- Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(2), 98–117. https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50
Hartiwi, D. & Z. D. A. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL JAMURAN PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN DI PAUD TAMAN BELIA CANDI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 51–66. https://doi.org/10.26877/paudia.v5i2.1182
Herawati, E. N. (2015). NILAI-NILAI KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM DOLANAN ANAK PADA FESTIVAL DOLANAN ANAK SE-DIY 2013. Imaji: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 13(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/imaji.v13i1.4045
Khasanah, Ismatul; Prasetyo, Agung; & Rakhmawati, E. (2011). PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI MEDIA STIMULASI ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Jurnal Penelitian PAUDIA, 1(1), 105. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26877/paudia.v1i1.261
Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Theory Into Practice, 41(4), 212–218. https://doi.org/https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104_2
Maryatun, I. B., Pamungkas, J., & Christianti, M. (2017). Kemampuan Guru TK di Yogyakarta Dalam Mengembangkan Tema Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(1). https://doi.org/doi:10.21831/jpipfip.v10i1.16791
Miles, M. B., Huberman, M. A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Method Sourcebook (E. H. Salmon (ed.); Fourth Edi). SAGE Publication.
Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86 96. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19
Mutiah, D. (2015). Psikologi Bermain Anak Usia Dini (1st ed.). Prenadamedia Group.
Pancaningrum, N. (2016). Strategi Pembelajaran: Taksonomi Bloom Dalam Games Stimulation Method di Tingkat RA. ThufulA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru RA, 4(1), 112–129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v4i1.1939
Pramudyani, A. V. R., Kurniawan, M. R., Rasyid, H., Sujarwo, S., Utami, N. I., & Vesiano, Q. A. (2018). Buku Panduan Permainan Tradisional Berdasarkan Aspek Perkembangan AUD (C. Alviana (ed.); 1st ed.). Samudra Biru.
Pramudyani, A. V. R., Kurniawan, M. R., Rasyid, H., & S. (2017). Kurikulum Holistik Integratif Berbasis Permainan Tradisional Pada PAUD Di Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 86–96. https://doi.org/doi: 10.21831/jpipfip.v10i2.17910
Putri, F. R. & Dimyati, D. (2019). Jamuran Game in Improving 4- to 6-year-old Children’s Responsibility at TK Nasional Samirono, Yogyakarta. In A. & N. A. N. P. Wardana, Amika; Aman (Ed.), Proceedings of the 2nd International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE 2019) (pp. 245–248). Atlantis Press. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.200130.050
Rakimahwati, Rahkimahwati & Putri F., R. (2017). Efektiveness Jamuran Game to Increase the Children’s Gross Skill at Pendidikan Anak Usia Dini Terpadu Tunas Bangsa Bukittinggi. In A. & D. H. Widanarto, Ghanis Putra; Hasjiandito (Ed.), Proceedings of the 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017) (pp. 374–377). Atlantis Press. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/icset-17.2017.62
Sanjaya, W. (2015). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, Prosedur (Edisi Pert). Prenadamedia Group.
Wulandari, A. G. Id. & Su. W. I. (2018). Guru Kreatif Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Taksonomi Bloom. PRATAMA WIDYA: Jurnal PAUD, 3(2), 37–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/pw.v3i2.736
Published
2020-06-06
Abstract viewed = 10 times
pdf downloaded = 18 times