Hubungan Durasi Waktu Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini

  • Elza Fitrianis Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Yaswinda universitas negeri padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan durasi waktu penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan metode  penelitian korelasional.  Pada penelitian ini menggunakan teknik  sampel total sample yakni sebanyak 106 orang anak yang terdiri dari kelas 7 kelas mulai dari B1-B7.  Teknik pengumpulan data didapatkan melalui penyebaran angket guna memperoleh informasi mengenai durasi waktu yang digunakan anak kepada orangtua, dan pengamatan yang digunakan untuk memperoleh data mengenai interaksi anak di sekolah yang terdiri dari 9 item instrument yang akan dinilai disusun berdasarkan teori dan dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah tidak terdapatnya hubungan antara durasi waktu penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak di TK Islam Khaira Ummah Padang.

Keywords: Durasi Waktu Penggunaan Gadget, Interaksi Sosial Anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharni. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :PT Rineka Cipta

Allan J, Catron C.E. (1998). Early Childhood Curiculum.USA: Prentice Hall

Diaskowati I, Yaswinda. (2019). Pola Asuh Orangtua Di Era Teknologi Digital Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 29 Padang.Jurnal Bunnaya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5

Novita W. (2016)..Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai.Vol. 03, No. 03

Pebriani, Hana P. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi :Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1, No,1.

Puspita Ro,Nurlaili,Syahrifin A. (2019). Kesulitan Anak Usia Dini Dalam Berinteraksi Sosial Di TK Negeri 09 Bengkulu Selatan. Journal of early childhood iclamic education : Al Fitrah Vol 3, No 1

Pransiska, R. (2018). Kajian Program Bilingual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan. Vol 1, No. 2

Sujianti. (2018). Hubungan Lama Dan Frekuensi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Di Tk Islam Al Irsyad 01 Cilacap. Jurnal Kebidanan. Vol 8, No 1

Sugiyono. (2012). Statika Untuk Penelitian. Bandung :Alfabeta

Sujiono, Yulianti N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta :PT Indeks

Sulyandari, Ari K. (2019). Pengaruh Gadget Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islan Anak Usia Dini. Vol 1, No.1

Suryana, D.(2018). Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta:Prenademedi Group

Suryadi. (2016). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Pedagodia

Suryadi, M. (2013). Konsep Dasar Paud. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Susilo, Budi. (2019). Dampak Positif Perkembangan Teknologi Informaasi Terhadap Tumbuh Kembangan Anak. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019.

Wahyuni, Ninawati M. (2017). Hubungan Pola Asuh Orangtua Di Rumah Tannga Dengan Interaksi Sosial Teman Sebaya Pada Siswa Kelas Iv Di Sdnegri Jati 03 Pagi Jakarta Timur. Jurnal ‘Pendidikan Dasar”.Vol Iv, No 2

Wahyuni S,I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Al Hikmah Proceedings OnIslamic Early Childhood Education.Vol. 1

Yaswinda, Yulsyofriend, Mayar F. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensory Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilantung Kamang Kabupaten Agam.Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 2, No 2

Yulsyofriend, Anggraini V, Yeni I. (2019) .Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini.Vol 5 No 1

Zaini M, Soenarto. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital Di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 3. No.1

Published
2020-06-11
Abstract viewed = 16 times
pdf downloaded = 16 times