Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia Dini

  • Isnainia Solicha
  • Na’imah UIN Sunan Kalijaga

Abstract

Aspek-aspek yang mempengaruhi perkembangan anak usia dini meliputi aspek kepribadian, sosial moral, bahasa, dan kesadaran beragama. Terdapat kasus masalah yang dimunculkan penulis tentang anak berusia 4 tahun yang mengalami keterlambatan berbicara yang dipengaruhi oleh pendidikan orangtua dan keluarga. Artikel ini menggunakan metode literatur review. Literatur dikumpulkan dengan menggunakan mesin pencari seperti Google Scholar dan Proquest. Penulis juga mencari literature di Perpustakan Kampus UIN Sunan Kalijaga. Faktor utama yang berperan penting adalah faktor dan aspek yang mempengaruhi perkembangan anak usia dini meliputi faktor genetik/hereditas, faktor lingkungan, kondisi kehamilan, komplikasi kelahiran, pemenuhan nutrisi, perawatan kesehatan, kerentanan terhadap penyakit, dan perilaku pemberian stimulus. Sedangkan, dalam aspek-aspek yang mempengaruhi perkembangan anak usia dini berisikan tentang kepribadian, sosial moral, bahasa, dan kesadaran beragama. Kesimpulannya, perkembangan adalah hal penting bagi setiap anak usia dini yang dipengaruhi oleh beberapa macam aspek. Gangguan pada salah satu aspek perkembangan dapat mempengaruhi aspek perkembangan yang lain.

Keywords: Perkembangan, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu, dan Munawar Sholeh. (2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ananda, Rizki, (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1.1 https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28>

Fatimah, Enung. (2006). Psikologi Perkembangan; Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Fauziddin, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama melalui Kegiatan Kerja Kelompok pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).

Hartas, D. 2015. Educational Research and Inquiry: Qualitative and Quantitative Approaches. London: Bloomsburgh Publishing.

Hurlock, Elizabeth B. (1978). Child Development, ed. by Med. Meitasari Tjandrasa, (6th ed) Jakarta: Erlangga.

———, (1978) Child Development, ed. by Agus Dhama, (6th ed) .Jakarta: Erlangga.

Khadijah, (2016). Pengembangan Keagamaan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, IV.1

Latifa, Umi. (2017). Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar : Masalah Dan Perkembangannya. Journal of Multidisciplinary Studies, 1.2, 185–96

Masganti, (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini.

Masganti, S. (2014). Psikologi Agama. Medan: Perdana Publishing.

Nakano, D. Munirz, Jr., J. (2018). Writing The Literature Review for Empirical Papers.

Poborini, Astri, Maulidha, and Dewi Larasati. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun Di Desa Cangkringsari Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoar. Journal of Issues in Midwifery, 1.1

Putri, Yelmi Reni, Wenny Lazdia, and Lola Oktriza Eka Putri. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Balita Usia 1-2 Tahun Di Kota Bukittinggi. REAL in Nursing Journal, 1.1

Safitri, Yenny. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Bahasa Balita Di UPTD Kesehatan Baserah Tahun 2016. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1.2 <https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.35>

Sjarkawi, (2015). Pembentukan Kepribadian Anak; Peran Moral Intelektual, Emosional, Dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published
2020-06-09
Abstract viewed = 33 times
pdf downloaded = 19 times