Studi Kasus Strategi Guru dalam Kegiatan Menggambar untuk Pengembangan Seni Rupa Anak Usia Dini

  • Annisa Herlida Sari Institut Agama Islam Negeri Metro

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi guru dalam kegiatan menggambar untuk mengembangkan perkembangan seni rupa anak, mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat strategi guru dalam pengembangan seni rupa, serta mendeskripsikan perkembangan seni rupa anak usia dini. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus dengan analisis data tematik. Partisipan dalam penelitian yaitu anak kelompok B dan guru kelompok B. berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat 2 cara dalam kegiatan menggambar yang diterapkan oleh guru, yaitu kegiatan menggambar dengan arahan dan yang kedua ialah kegiatan menggambar bebas. Dalam melakukan kegiatan menggambar, terdapat beberapa faktor yang mendukung strategi guru dalam kegiatan menggambar untuk mengembangkan seni anak usia dini, seperti  teknik menggambar yang dimiliki oleh guru, media menggambar yang digunakan,  metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru, pemberian reward pada anak dan lain sebagainya. Selain itu ada pula yang menjadi faktor penghambat diantaranya ialah pemilihan karakter yang akan digambar terlalu sulit untuk anak, penyampaian guru yang kurang jelas atau media yang kurang lengkap dan lain sebagainya. Strategi yang dilakukan guru dengan menggunakan kegiatan menggambar menunjukkan bahwa   pengembangan seni rupa anak terus berkembang selama menerapkan kegiatan menggambar.  Strategi guru  dalam  kegiatan menggambar seperti menerapkan berbagai teknik menggambar, menggunakan metode yang menyenangkan, menggunakan media menggambar yang beraneka ragam berdampak pada pengembangan seni rupa anak.

Keywords: Strategi Guru, Menggambar, Pengembangan Seni Rupa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anhusadar, L. O. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Seni berbasis Agama pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 58–74. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4622

Anita, A. (2017). Pengaruh Kegiatan Menggambar Bebas Terhadap Kreativitas Anak Di Kelompok B Tk Permataku Desa Lenju Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggal. Vol 4, No 3, Jurnal Bungamputi media artikel ilmiah.

Ma’ruf, E. N. (2017). Pemahaman Guru Terhadap Karakteristik Gambar Anak TK Kelompok B Se-Kecamatan Jetis Bantul Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Pamadhi, H. (2014). Seni Keterampilan Anak (1 ed.). Universitas Terbuka.

Pamilu, A. (2007). Mengembangkan Kreatvitas & Kecerdasan Anak. CItra Media.

Pekerti, W., Tridjata, C., & Kusumawardhani, dwi. (2016). Metode Pengembangan Seni. Universitas Terbuka.

RM, Y., & Siswandi. (2007). Pendidikan Seni Budaya. Yudistira.

Rusdarmawan, R. (2009). Children’s Drawing dalam PAUD. Kreasi Wacana.

Sumanto, S. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorar Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktoran Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Wijaya, Y. K., & Muhajir. (2015). Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Menggambar Dengan Media Slide Show Berbasis Powerpoit di TK Permata Surabaya. Jurnal Online Seni Rupa, Volume 3 No 2.

Published
2020-06-05
Abstract viewed = 36 times
pdf downloaded = 26 times