Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Makan Bagi Anak Tunagrahita Sedang

  • Erna Juherna STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Indah Ronita Sari STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Diana Indirawati STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Sely Nurhalimah STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bina diri makan anak tunagrahita sedang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu dua anak tunagrahita kategori sedang kelas III Sekolah Dasar Luar Biasa di SLB C Perwari Ancaran Kuningan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bina diri makan pada anak tunagrahita sedang kelas III Sekolah Dasar Luar Biasa di Sekolah Dasar Luar Biasa C Perwari Ancaran Kuningan antara lain, menunjukan hal yang positif, terdapat kemampuan perkembangan sehingga mereka dapat mengikuti intruksi dengan baik.

 

Keywords: kemampuan bina diri makan, anak tunagrahita kategori sedang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi dan Uhbiyati. (2007). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Alex Sobur. (2009). Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Burhan Bungin. (2010). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada.

Cahyati, N. (2019). Permainan Ritmik Bagi Perkembangan Sosial Emosional Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Golden Age. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1676

Depdiknas. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi Sekolah Luar Biasa. Jakarta: Depdiknas.

Endang Rochyadi. (2005). Pengembangan Program Pembelajaran Individual. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Endriyati. (2011). Pembelajaran Bina Diri Anak Tunagrahita Klasifikasi Sedang Kelas D III di SLB Damayanti Ngaglik Sleman. Skripsi. Yogyakarta: PLB FIP UNY .

Maria J Wantah. (2007). Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mumpuniarti. (2003). Ortodidaktik Tunagrahita. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mumpuniarti. (2007). Pembelajaran Akademik Bagi Tunagrahita. Yogyakarta: FIP UNY.

Depdikbud. (1997). Kurikulum Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Depdikbud

Nasution. (2003). Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Robbins, Stephen P. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono.(2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suranto dan Soedarini. (2002). Kemampuan Merawat Diri. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Sutjihati, Somantri. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Syaiful, Bahri Djamarah dan Azwan Zain. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tu'u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo

Published
2020-06-19
Abstract viewed = 17 times
pdf downloaded = 2 times