Tumbuh Kembang Anak Broken Home

  • fitriyani lie Universitas Negeri Gorontalo
  • Pupung Puspa Ardini Universitas Negeri Gorontalo
  • Setiyo Utoyo Universitas Negeri Gorontalo
  • Yenti Juniarti Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Penelitian ini berlatarbelakang anak yang mengalami broken home yang bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini (4 tahun) sampai ia remaja berusia 18 tahun yang menjadi korban broken home Di Sulawesi Tengah, Kabupaten Banggai, Kecamatan Masama, Desa Ranga-Ranfa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak yang menjadi korban broken home. Subjek penelitian adalah seorang remaja perempuan berusia 18 tahun merupakan anak korban broken home. Tehnik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadinya broken home mengakibatkan tidak terpenuhinya kebutuhan anak, terutama perhatian dan kasih sayang yang seharusnya di dapatkan dari kedua orang tunya, akan tetapi AR tetap memiliki rasa aman, mendapatkan perlindungan, suka berempati dan berbagi dengan orang lain. AR adalah salah satu anak yang menjadi korban broken home mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan anak seusianya. Sehingga AR pun tidak memerlukan penanganan khusus.

Keywords: Anak, Broken Home

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Fatih Al Angga (2019). Teknik Pengumpulan Data. Diakses 10 Oktober 2019 Dari https://rumus.co.id/teknik-pengumpulan-data/

Hasnida, (2015). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta Timur: PT.Luxima Metro Media.

Nugraheni Novitasari Putri. (2014). Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini Korban Broken Home Di POS PAUD Ananda Bowan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013-1014. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Putri Azmila (2018). Dampak Psikologi Anak Korban “Broken Home”. Diakses Tanggal 20 Oktober 2018 Dari https://www.kompasiana.com/azmila99189/5bca9f1b6ddcae59e5338144/dampak-psikologi-anak-korban-broken-home?page=1

Suhada Idad, (2016). Psikologi perkembangan anak usia dini (Raudhatul Athfal). Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Wulandari Desi dan Fauziah Nailul (2019). Pengalaman remaja korban broken home (studi kualitatif Fenomenologis). Jurnal Empati, 8 (1), 2-3.

Published
2019-12-26
Abstract viewed = 75 times
pdf downloaded = 182 times