Evaluasi Peserta Didik Menggunakan Kunjungan Rumah/Home Visit

  • Nurdiyah Permata Sari Universitas Negeri Gorontalo
  • Yenti Juniarti Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Evaluasi dapat dipandang sebagai proses merencpeserta didikan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan. Pengevaluasian dapat dilakukan dengan Kunjungan Rumah/HomeVisit sehingga dapat membangun hubungan yang baik antara pihak sekolah, orangtua siswa, dan masyarakat. Kenyataan yang terjadi di lapangan banyak sekolah paud yang belum melakukan homevisit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami lebih dalam lingkungan peserta didik sehari-hari di rumah, mendiskusikan masalah peserta didik dan membangun hubungan, keluarga, sekolah dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diamana penelitiannya bersifat deskriptif dan menggunakan analisis. Hasil ini menunjukkan bahwa guru lebih memahami lingkungan peserta didik dan bisa membuat lembaran penilaian, mengetahui dan dapat mengatasi permasalahan-permasalahan peserta didik yang terjadi diluar sekolah, mempererat hubungan pendidik dan keluarga atau orang tua peserta didik. Kesimpulan  dari penelitian ini adalah membantu  guru memahami permasalahan peserta didik, membuat penilaian dan mempererat hubungaan antaraguru dan orangtua peserta didik.

Keywords: evaluasi, Peserta Didik, Kunjungan Rumah/Home Visit

Downloads

Download data is not yet available.

References

Marlina (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta: Prenada Media Group.
Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Peserta didik Taman Kpeserta didik-Kpeserta didik. Jakarta: Prenada Media Group.
Danim, Sudarwan (2014). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alvabeta, Cv.
Husna Amalia (2016). Implementasi Home Visit Dalam Upaya Meningkatkanpembelajaran Pai Di Sdit Al-Azhar. Didaktika Religia Volume 4, No. 1 Tahun 2016.
Linda Suryani (2019). Pengaruh Home Visit Asuhan Keperawatan Gigi Keluarga Terhadap Status Kebersihan Gigi Dan Mulutpada Balita Di Desa Lambhuk Banda Aceh. Jurnal Kesehatan Masyarakat Dan Lingkungan Hidup. Vol 4 No 2 (2019)
Pengetahuan, Seputar (2017). Pengertian Assessment, Fungsi, Tujuan, Jenis & Contoh Lengkap. Diakses tanggal 13 Desember 2019 dari https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/09/pengertian-assessment-fungsi-tujuan-jenis-jenis-contoh.html
Ratih (2013). Definisi Evaluasi Pendidikan, Penilaian (Assesment), Pengukuran dan Tes dalam Pendidikan. Diakses 13 Desember 2019 dari https://ratih612.wordpress.com/2013/01/24/definisi-evaluasi-pendidikan-penilaian-assesment-pengukuran-dan-tes-dalam-pendidikan/
Published
2019-12-26
Abstract viewed = 26 times
pdf downloaded = 25 times

Most read articles by the same author(s)