Bentuk Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Padang

  • Pitria Gusliati Universitas Negeri Padang

Abstract

Seni rupa merupakan pembuatan berbagai macam hasil karya yang dapat dilihat, diraba, dan dirasakan dengan memanfaatkan berbagai media. Seni rupa terdiri atas dua macam, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Pada dasarnya semua bentuk seni rupa berkaitan dengan keindahan. Adapun tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bentuk kegiatan pembelajaran seni rupa di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Padang. Adapun metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan survey. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk pembelajaran seni rupa yang dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Padang berupa kegiatan menjiplak, menggambar, membentuk, finger painting, mencetak, dan kolase. Pembelajaran seni rupa dilaksanakan seusuai tema pembelajaran dan berbagai macam media pembelajaran.

Keywords: pelaksanaan, pembelajaran, seni rupa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, F. (2006). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi, Erlia Pratiwi Bahri dan Sattar, M. (2017). Karakter Bubbledolls Sebagai Penciptaan Seni Lukis Erlia Dwi Pratiwi Bahri Abstrak. 05, 119–127.

Garha, O. dan B. (1975). Penuntun Pendidikan Seni Rupa untuk SD. Bandung: Pelita masa.

Garha, O. dan I. (1978). Pendidikan Kesenian Seni Rupa. Jakarta: Rosa Karya Offset.

Mayesky, M. (2005). Creative Art & Activities Fun With Art! United States: Thomson Delmar Learning.

Pamadhi, Hajar & Sukardi, E. S. (2008). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Purbowati, E., & Reza, M. (n.d.). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Usia 3 – 4 Tahun Di Ppt Siaga SurabayA. 1–8.

Purnamasari, M. D. (2009). Kompetensi Kreatif Siswa Sma Muhammadiyah Purwodadi Dalam Pembelajaran Seni Rupa.

Purwitaningtyas, R. (2014). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Kegiatan Menggambar Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Kelompok Usia 3-4 Tahun di PPT Harapan bangsa Surabaya.

Salam, S. (2001). Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Buku Ajar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sobandi, B. (2008). Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa. Solo: Maulana Offset.

Sudarmawan, A. (2010). Pelaksanaan Pembelajaran Finger Painting Kelompok B di TK Negeri Pembina Singaraja. (1), 1–11.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Taman Kanakkanak dan Sekolah Dasar.

Supriyenti, A. (2013). Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Melalui Kegiatan Mencetak dengan Bahan Alam di PAUD Aisyiyah Lansano Pesisir Selatan. Spektrum PLS UNP, I No 2(20).

Tresaningsih, W. (2015). Kemampuan Menggambar Bebas Sebelum Pembelajaran Anak TK Kelompok A Dan B TK Al ’Idad An-Nur.

Wahyuni, D. K. (2011). Studi Eksploratif Pemanfaatan Grajen Warna Sebagai Media Pengembangan Kreativitas Dalam Berkarya Seni Membentuk.

Published
2019-12-26
Abstract viewed = 40 times
pdf downloaded = 15 times