Peranan Maket Pintarku untuk Aspek Perkembangan Anak di TK ABA Kalangan Bantul DIY

  • Meyda Setyana Hutami UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Suyadi Suyadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aspek perkembangan bagi anak usia dini melalui penerapan penggunaan alat permainan maket pintarku di TK ABA Kalangan Bantul DIY. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat permainan  maket pintarku media pembelajaran ini sudah layak digunakan karena alat permainan ini multiguna dan dapat digunakan dalam  menstimulasi aspek-aspek perkembangan peserta didik.  Alat permainan ini merupakan alat permainan yang efektif guna mengenalkan konsep angka, huruf, serta warna yang dibuat menarik yang tidak membosankan bagi anak .Seiring dengan penggunaan alat permainan edukatif (APE) maket pintarku ini dapat meningkatkan seluruh aspek perkembangan anak pada kelompok B2 di TK ABA Kalangan Banguntapan Bantul DIY pada tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci : aspek perkembangan, konsep angka dan huruf,  maket pintarku

Keywords: aspek perkembangan, konsep angka dan huruf, maket pintarku

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Kade. (2012). “Penerapan Metode Bermain dengan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Kelompok A TK Sutha Kertya Banjar Tegehan Kecamatan

Banjar Kabupaten Buleleng Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012”. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Undiksha Singaraja

Badru Zaman. (2007). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Badru Zaman. (2006). Pengembangan Alat Permainan Edukatif untuk Anak Taman Kanak-kanak, (Online)

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Didaktik Metodik di TK. Jakarta

Dian Wulandari. (2015). Evaluasi Penerapan Beyond Centers and Cicrle Time Pada Pembelajaran Kelompok B. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Hurlock, E. (1995). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Juliansyah Noor. (2013). Metodologi Penelitian, Jakarta: Kencana,

Lexy J. Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexi. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nasution S. (1991). Metode penelitian Naturalistik Kualitatif , Bandung: Tarsito.

Riany Ariesta. (2009). Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar untuk Anak Usia 0-1 Tahun, Bandung: PT. Sandiarta Sukses.

Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Usep Kustiawan, Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Malang: Gunung Samudera, 2016.

Badru Zaman. (2011). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Paud).

Published
2019-12-26
Abstract viewed = 409 times
pdf downloaded = 385 times