Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Permainan Susun Kursi Pada Anak TK Islam Amal Mulya Awirarangan Kabupaten Kuningan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kepercayaan Diri melalui Permainan Susun Kursi pada Anak TK Islam Amal Mulya Awirarangan Kabupaten Kuningan, semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun jumlah anak didik TK Islam Amal Mulya Awirarangan adalah 18 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas pendamping. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan Kepercayaan Diri melalui Permainan Susun Kursi pada Anak TK Islam Amal Mulya Awirarangan Kabupaten Kuningan mengalami peningkatan. Pada pada siklus I, prosentasi keberhasilan mencapai 70,83%, dan pada siklus II prosentasi keberhasilan semakin meningkat mencapai 84,72%.