Pengembangan Model Multisensori Berbasis Teknologi Multimedia Untuk Stimulasi Kemampuan Literasi Anak 5-6 Tahun

  • Khikmah Novitasari
  • Herdi Handoko Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran multisensori berbasis teknologi multimedia dalam menstimulasi kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengambangan 4D (Define, Design, Develope, dan Deseminate). Berdasarkan hasil penilaian model dapat disimpulkan bahwa kualitas model pembelajaran multisensori berbasis teknologi multimedia secara umum adalah sangat baik dengan presentase keidealan mencapai 93,22%.  Artinya model pembelajaran ini layak digunakan untuk menstimulasi kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun. Untuk mengetahui ada tidaknya  peningkatan kemampuan literasi anak sebelum dan sesudah  eksperimen dilakukan uji-paired sample t  tes.  Hasil dari uji paired sample t test ini menunjukkan nilai pretest diperoleh rata-rata 11,23, sedangkan untuk nilai post test diperoleh nilai rata-rata 17,40. Nilai mean paired differences sebesar -6,167. Artinya, model multisensori berbasis teknologi multimedia ini efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun.

Keywords: model pembelajaran, multisensori, multimedia, literasi anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

PENGUATAN LITERASI SOSIAL ANAK USIA DINI PADA SISWA SEKOLAH PAUD SEJENIS (SPS) WORTEL DI BANTULKARANG, RINGINHARJO, BANTUL, KABUPATEN BANTUL. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1), 35-48.
Utami, N. R., Novitasari, K., Handoko, H., Sakti, S. A., & Widyastuti, T. M. (2019). PELATIHAN PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LITERASI AWAL PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1), 9-18.
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50-56.
Novitasari, K. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Menanamkan Karakter Tanggung Jawab pada Anak Kelompok B Di Tk Nasima Kota Semarang. PG PAUD Universitas PGRI Yogyakarta.
Ruhaena, L. (2008) Pengaruh Metode Pembelajaran Jolly Phonics terhadap Kemampuan Baca-tulis Permulaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada Anak Prasekolah. Jurnal Penelitian Humaniora, 9(2), 190-204.
Ruhaena, L., Kumara, A., Adiyanti, M. G., & Helmi, A. F. (2014). Home literacy activities and early literacy skills achievement in indonesian family context. Paper presented at the Asian Association of Indegenous and Cultural Psychology Conference on Stress, Health, Well Being: Indegenous, Social and Cultural Perspective, Surakarta, Indonesia
Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.
Trehearne, P. (2011). Learning to Write and Loving It!. USA: Library of Congress Cataloguing-in-Publication Data
Yusuf, M. 2003. Pendidikan bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Published
2019-12-26
Abstract viewed = 697 times
pdf downloaded = 457 times