Model Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini di TK Islam An Nur Kota Pekanbaru

  • Wasiah Sufi Universitas Lancang Kuning
  • Sean Marta Efastri Universitas Lancang Kuning

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap keistimewaan Taman Kanak-Kanak (TK) An Nur Pekanbaru. Dari keistimewaan tersebut  murid murid TK An Nur Pekanbaru mendapat prestasi yang membanggakan dengan banyak mengikuti perlombaan yang ada di Kota Pekanbaru. Selain keistimewaan tersebut masih ada keistimewaan lain yaitu guru yang membimbing masih belum memenuhi standar kualifikasi pendidikan sarjana ataupun diploma empat. Serta orangtua dan masyarakat selalu mendukung keberadaan TK An Nur tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pengelolaan program Pendidikan Anak Usia Dini yang meliputi planning, organizing, actuating, Controling dan Evaluating. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pengelolaan program pendidikan anak usia dini di Tk Islam Annur sudah berjalan baik di lihat dari prestasi peserta didik yang banyak dan membanggakan, namun masih belum optimal dikarenakan masih ada beberapa guru yang tingkat pendidikannya belum sesuai dengan aturan yaitu memiliki tingkat Akademik Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini. Hal yang menghabat dalam proses pengelolaan PAUD diantaranya pada Sub organizing masih lemah, dilihat dari biaya yang masih di pungut pada kegiatan tambahan seperti program karya wisata anak didik.

Keywords: Model Pengelolaan, Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kamus Besar Bahasa Indonesia, “Pengertian Pengelolaan”, (2015). http://kamus bahasa indonesia.org /polapengelolaan /mirip [3 November2015].

Kurniadin, Didin dan Imam Machali, (2012). Manajemen Pendidikan Konsep&Prinsip Pengelolaan Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,.

Kusbudiah, Yayah, “Pengelolaan Pembelajaran Di RA/ TK/ PAUD Sebagai Upaya Mengoptimalkan Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini. (2015). http://bdkbandung.kemenag.go.id/jurnal/276 [11 November 2015].

Latif, Mukhtar, dkk, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi, (2014). Jakarta: Kencana Prenademedia Group,.

Matinis dkk, Panduan Pendidikan anak usia dini PAUD. (2010). Gaung Persada Press Jakarta

Moeslichatoen. (2004). metode pengajaran di Taman Kanak Kanak , Jakarta: PT Asdi Mahasatya,

Mulyasa, E. (2014). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Mursid, Pengembangan Pembelajaran PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya ,2017

Mustari, Muhamad. (2014). Manajemen Pendidikan, Depok: PT Raja Grafindo Persada,.

Nurani Sujiono, Yuliani, (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Indeks.

Rusdiana, Pengelolaan Pendidikan. (2015). Bandung: Pustaka Setia.

Republik Indonesia. (1945). Undang-undang Dasar 1945 Tentang Pembukaan. Lembar Negara RI Tahun 1945.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. (2013). Bandung: Alfabeta,.

Sekretariat Negara. Jakarta. Republik Indonesia. (2002). Undang-undang No 23 Tentang Perlindungan Anak. Lembar Negara RI Tahun 2002. Sekretariat Negara. Jakarta. Republik Indonesia. 2003.

Undang-undang No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembar Negara RI Tahun 2003. (2005). Sekretariat Negara. Jakarta. Republik Indonesia.

Published
2019-12-26
Abstract viewed = 30 times
pdf downloaded = 17 times