Peningkatan Kemampuan Melipat dengan Media Kertas Warna-Warni Pada Anak

  • Tri Wiyati TK Dharma Wanita I Malebo Kandangan Temanggung

Abstract

Perkembangan motorik halus anak Taman Kanak-kanak ditekankan pada koordinasi gerakan motorik halus dalam hal ini berkaitan dengan kegiatan meletakkan atau memegang suatu objek dengan menggunakan jari tangan. Kemampuan motorik halus terkait dengan perkembangan fleksibilitas tangan dan jari jemari untuk melakukan aktifitas seperti makan, menulis, menggambar, mencocok bentuk, meronce, menggunting, melipat, memakai pakaian dan juga bermain dengan permainan yang membutuhkan koordinasi tangan. Dari hasil observasi yang dilakukan sebelum dilakukan perbaikan pembelajaran pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita I Malebo yang berjumlah 17 anak, yang mampu melipat kertas sehingga menghasilkan bentuk lipatan yang baik baru mencapai 4 anak atau 23,5%, sedangkan sisanya sebanyak 13 anak atau 76,5% masih memerlukan bimbingan dan motivasi dari guru karena anak merasa kesulitan melipat bentuk sehingga anak malas dan tidak dapat menyelesaikan tugas melipat yang diberikan oleh guru.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan melipat dan besarnya peningkatan kemampuan melipat dengan media kertas warna-warni pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita I Malebo Kandangan Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian ini adalah peserta didik Kelompok B TK Dharma Wanita I Malebo berjumlah 17 anak. Pelaksanaan penelitian pada bulan April 2018. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara.

Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data yang diperoleh dari tindakan perbaikan pembelajaran antar siklus dalam penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui pembelajaran dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan media kertas warna-warni dapat meningkatkan kemampuan melipat pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita I Malebo Kandangan Temanggung. dengan  dibuktikan  adanya  hasil  diskriptif  persentase ketuntasan  belajar yaitu dari  kondisi  awal  jumlah anak yang mendapat kriteria penilaian berkembang sesuai harapan sebanyak 4 anak atau 23,5%, meningkat menjadi 8 anak atau 47% pada Siklus I, dan pada Siklus II meningkat sebanyak 10 anak atau 58,8% dengan kriteria penilaian berkembang sesuai harapan dan 5 anak atau 29,4% dengan penilaian berkembang sangat baik, ditandai dengan anak mampu melipat kertas mengikuti petunjuk lebih dari 7 lipatan dan mampu melipat kertas menjadi bentuk sederhana dengan rapi.

Keywords: kemampuan melipat, media kertas warna-warni

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Abdurrahman, J. 2005. Tahapan Mendidik Anak. Bandung: Irsyad Baitus Salam
Aprisa, Desy. 2013. Metode Pembelajaran Seni Rupa Di TK (on line) tersedia di:http://desyaprisa.blogspot.com/2013/03/metode-pembelajaran-seni-rupa-di-tk.html
Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta
___________. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiningsih, C.Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Christianti, Martha. 2014. Melipat Kertas Untuk Anak Usia Dini. Modul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Depdiknas. 2009. Permendiknas No . 58/2009 tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan. Jakarta:Depdikbud
Ismayanti, Fajar. 2012. Manfaat Origami. http://sanggar-origami-indonesia.com/10-manfat-origami.html.
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial (Kuantitatif Dan Kulitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.
Juniarti, Y. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN. Jurnal Pelita PAUD, 1(2), 10-15.
Juniarti, Y. (2015). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Kunjungan Lapangan (Field Trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 267-284.
Juniarti, Y., & Gustiana, E. (2019). PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERMAIN BERBASIS MOBILE LEARNING. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 37-42.
Klub Origami Indonesia. 2012. Jenis-jenis Kertas Origami. http://origami- indonesia.com/jenis-jenis-kertas-dalamorigami-kind-ofpaper.html.
Munandar, U. 1985. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia.
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
Novikasari, Meli, dkk. 2012. Mewarnai, Menggunting, Menempel ( 3m ) Dan Melipat (on line) tersedia di: http://melyloelhabox.blogspot.com/ 2012/10/mewarnai-menggunting-menempel-3m-dan.html
Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 48-58.
Pandiangan, Ester. 2009. Segudang Manfaat Origami Untuk Anak (on line) tersedia di: http://mayahirai.com/2009/08/12/segudang-manfaat-origami-untuk-anak
Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Setiani, Sri. 2007. Bermain dan Permainan Anak. (Editor: B.E.F. Montolalu). Jakarta: Universitas Terbuka
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak Tk. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Sumantri. 2005. Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan
Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Suwandi, Sarwaji. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
Published
2019-06-28
Abstract viewed = 2551 times
PDF downloaded = 1142 times