Upaya Meningkatkan Kreativitas Membentuk Balok Bangunan Melalui Metode Praktik Langsung Pada Anak

  • Rukiyati Rukiyati TK Negeri Kabupaten Temanggung

Abstract

Bermain balok merupakan kemampuan dalam kegiatan yang sifatnya konstruktif dengan membangun bangunan yang kompleks menggunakan balok unit yang dapat meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan, melatih keterampilan motorik halus, melatih anak dalam memecahkan masalah, permainan yang memberikan anak kebebasan berimajinasi, sehingga hal-hal baru dapat tercipta sebagai seativitas anak ebuah ide kreatif. Dasar pemikiran diadakan perbaikan pembelajaran ini adalah rendahnya kreativitas anak. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui bahwa melalui metode praktik langsung dapat meningkatkan kreativitas dalam membentuk balok bangunan pada anak, 2) untuk mengetahui besarnya peningkatan kreativitas dalam membentuk balok bangunan melalui metode praktik langsung pada anak Kelompok A TK Negeri Kabupaten Temanggung Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017.

Subyek penelitian ini adalah peserta didik Kelompok A TK Negeri Kabupaten Temanggung berjumlah 15 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bermain balok bangunan terbukti efektif dapat meningkatkan kreativitas anak di Kelompok A TK Negeri Kabupaten  Temanggung Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal tersebut ditandai dengan tercapainya kriteria ketuntasan pada penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan. Ketuntasan hasil belajar anak yang mendapat nilai berkembang sangat baik dari Siklus I ke Siklus II mengalami kenaikan sebesar 60%, sehingga dari kondisi awal ke Siklus II mengalami kenaikan sebesar 73,3%. Pada indikator kinerja peneliti menentukan 80% anak dapat menunjukkan kreativitasnya, pada Siklus II telah melebihi target yang diharapkan yaitu 86,7% anak mampu menunjukkan kreativitasnya dalam menciptakan suatu bentuk dengan menggunakan balok bangunan dan menceritakan hasil karyanya.

Keywords: kreativitas, balok bangunan, metode praktik langsung

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, Ismail. (2009). Education Game. Yogyakarta : Pro U Media.

Akbar, Sa’dun. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV. Cipta Media.

Arikunto, Suharsimi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Danar, Santi. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini (Antara Teori dan Praktik). Jakarta: PT Mancana Jaya Cemerlang.

Haury, David L & Peter Rillero. (1994). Perspectives of Hands On Science Teaching. Columbus : The ERIC Clearinghouse for Science.

Juniarti, Y. (2015). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Kunjungan Lapangan (Field Trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 267-284.

Juniarti, Y., & Gustiana, E. (2019). PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERMAIN BERBASIS MOBILE LEARNING. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 37-42.

Latif, Mukhtar. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Media Group.

Mansur. (2007). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Mayke S. Tedjasaputra. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT. Grasindo.

Montolalu, BEF. (2009). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.

Mulyadi, S. (2004). Bermain dan Kreativitas (Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain). Jakarta Papas Sinar Sinanti.

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Musbikin, Imam. (2007). Mendidik Anak Kreatif Ala Eistein. Yogyakara : Mitra Pustaka.

Nursisto. (1999). Kiat Menggali Kreativitas. Yogyakarta : Mitra Gama Widya.

Pamadhi, Hajar dan Evan Sukadi. (2011). Seni Ketrampilan Anak. Jakarta : Univeritas Terbuka.

Pramesti, Dian. (2007). Peningkatan Aktivitas dan Kreativitas Anak dalam Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Rahmawati, Yeni. (2005). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia TK. Yogyakarta : Panduan Jala Sutra.
Rianto, T dan Handoko M. (2004). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Gramedia.

Sanjaya, Wina. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santrock, John W. (2002). Perkembangan Anak (Child Development). Jakarta : Erlangga, MgGraw Hill, Inc.

Sudono, Anggraini. (2005). Permainan Kreatif. Jakarta : PM Pustaka.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suhardjono. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Sujiono, Bambang. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : Indeks.

Suratno. (2005). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.

Suwandi, Sawarji. (2009). Buku Ajar Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2019-06-28
Abstract viewed = 354 times
PDF downloaded = 278 times