Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Dengan Permainan Balok Angka Pada Anak Kelompok B
Abstract
Kemampuan berhitung permulaan adalah kemampuan yang dimiliki anak yang berhubungan dengan membilang, menjumlahkan, mengurangi, menambah, memperbanyak dan mengalihkan yang dilakukan secara lebih awal yang pada mulanya tidak bermakna bagi anak yang belum memahami bilangan. Perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena adanya permasalahan yaitu rendahnya kemampuan berhitung permulaan pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita 1 Ngadimulyo Kedu Temanggung. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bahwa dengan permainan balok angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak Kelompok B TK Dharma Wanita 1 Ngadimulyo Kedu Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018, 2) Untuk mengetahui besarnya peningkatan kemampuan berhitung permulaan dengan permainan balok angka pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita 1 Ngadimulyo Kedu Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018.
Subyek penelitian ini adalah peserta didik Kelompok B TK Dharma Wanita 1 Ngadimulyo berjumlah 20 anak. Pelaksanaan penelitian pada bulan Maret 2018. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, penugasan, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan permainan balok angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak Kelompok B TK Dharma Wanita 1 Ngadimulyo Kedu Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak sebelum tindakan hanya mencapai 15%, kemudian setelah diadakan perbaikan pada Siklus I meningkat menjadi 45%, dan Siklus II menjadi 85%, telah memenuhi persentase maksimum yang telah ditentukan yaitu 80%. Persentase keberhasilan yang dicapai dari kondisi pra siklus sampai dengan Siklus II sebesar 70%. Keberhasilan ini ditandai dengan anak mampu mengenal konsep bilangan 1-10, mengenal konsep banyak sedikit dan mampu menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan.
Downloads
References
Depdiknas. (2007). Permainan Berhitung Permulaan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Essa, L. Eva. (2001). Introduction to Early Childhood Education. Canada: Delmar Learning
Fadlillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD : Tinjauan Teoritik dan Praktik. Ar-Ruzz Media.
Hainstock, Elizabeth G. (1999). Metode Pengajaran Montessori untuk Anak Prasekolah. Jakarta: Pustaka Delapratasa.
Ismiyani, Ani. (2010). Fun Math with Children. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Juniarti, Y. (2018). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Media Celemek Pintar. Jurnal Audi, 3(1), 27-32.
Juniarti, Y. (2015). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Kunjungan Lapangan (Field Trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 267-284.
Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD. (2010). Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di TK.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Masitoh, dkk. (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas Dikjen Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan
Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 48-58.
Padmonodewo, Soemiarti. (2013). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Semiawan, Conny. R. (2002). Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi
Setyono, Ariesandi. (2007). Mathemagics Cara Jenius Belajar Matematika. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sriningsih, Nining. (2008). Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.
Sudaryanti. (2006). Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta : UNY Press.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Suharsimi. Arikunto. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Sujiono, Yuliani Nurani. (2007). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar dalam Berbagai Aspek). Jakarta : Penerbit Kencana.
Suwandi, Sarwiji. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
Suyanto, Slamet. (2005). Dasar-dasar Pendidikan AUD. Yogyakarta : Hikayat Publising.
Suyono. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Yuniawati. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi React untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edisi Khusus No 2 ISSN 1412-565X
Copyright (c) 2019 Mudiyarsih Mudiyarsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.