Fuge Fun Upaya Pengenalan Makanan Bergizi dan Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini

  • Ajeng Sri Hikmayani STKIP SEBELAS APRIL SUMEDANG

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya temuan masalah kemampuan anak memilih, mengkonsumsi makanan bergizi serta perkembangan kreativitas anak di Kelompok B TK Wijaya Kusumah yang memfokuskan pada kegiatan makanan tambahan yang kurang variatif, belum mesntimulus anak senang buah dan sayur. Dalam Aspek perkembangan kreativitas kegiatan menggambar, mewarnai, dan terbatasnya alat sumber pembelajaran untuk penunjang pembelajaran kreativitas Permasalahan dirumuskan dalam pertanyaan, (1) bagaimana kemampuan anak dalam pemilihan makanan bergizi melalui kegiatan Fuge Fun?, (2) Bagaimana kemampuan Kreativitas anak setelah dilakukan kegiatan Fuge Fun?, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan kreativitas anak melalui kegiatan Fuge Fun. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilakukan 2 tindakan. Jumlah anak yang diberikan tindakan berjumlah 21 anak. Hasil observasi pra-siklus secara persentase kemampuan pengetahuan makanan bergizi dan kreativitas anak pada ketegori B=46,02%, kategori C=38,64%, kategori K=15,34%. Hasil observasi pasca-siklus mengalami peningkatan pada kemampuan pengetahuan makanan bergizi dan kreativitas melalui kegiatan Fuge Fun secara persentase kategori B=84,56%, kategori C=15,44%, kategori K=0%,. Maka dapat disimpulkan kegiatan Fuge Fun dapat meningkatkan perkembangan kreativitas anak. Rekomendasi bagi Sekolah pengadaan referensi untuk penunjang penyusunan bahan ajar, bagi guru mengusahakan untuk menggunakan berbagai media yang dapat menstimulasi tahap perkembangan kreativitas anak serta variatif dalam pemberian makanan pada anak. Bagi peneliti berikutnya dapat memecahkan permasalahan asupan gizi anak dan kreativitas dengan metode, teknik yang lebih mutakhir untuk peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini.

Keywords: Makanan bergizi, Kreativitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusta, I. (2003). “Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif”. Makalah pada pelatihan metode kualitatif di Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor.

Astuti, A, K. (2016). Perilaku Sehat pada Anak Usia Dini di PAUD Purwomukti Desa Barut Kecamatan Getasan. Scholaria Vol 6 (3) Hlm. 264-272.

Contento, I. (2011). Nutrition Education: Linking Research, Theory, and Practice. Journal of Nutrition Education and Behavior Vol 43 (4) hlm. 10-24.

Hurlock, E.B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga

Juniarti, Y. (2018). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Media Celemek Pintar. Jurnal Audi, 3(1), 27-32.

Munandar, S.C. (2009). Kreativitas dan Keberbakatan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Murtie, A. (2014). All About Kesehatan Anak. Jogjakarta: Trans Idea Pulising.

Santoso, S., Anne, L. (2009). Kesehatan dan Gizi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sujiono, B; Sujiono, Y,N. (2005). Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.

Suratno. (2005). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia, No. 20, 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2019-06-28
Abstract viewed = 402 times
PDF downloaded = 360 times