Meningkatkan Kecerdasan Emosi Melalui Bermain Musik Angklung Pada Anak Usia 56 Tahun Di TK PGRI II Lebakwangi Kuningan Jawa Barat

  • Eva Gustiana

Abstract

Kecerdasan Emosi anak perlu ditingkatkan oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Subyek dalam penelitian adalah anak didik kelompok B Usia 5-6 tahun TK PGRI II Lebakwangi, semester II tahun pelajaran 2015/2016. Adapun jumlah peserta didik yang di teliti berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaburasi antara peneliti, kepala sekolah, dan guru. Data di kumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data di analisis secara kuantitatif. Perkembangan kecerdasan emosi seperti antusias dalam melakukan bermain angklung dan mengikuti peraturan anak usia 5-6 tahun meningkat dilihat dari hasil tes sebelum dan sesudah bermain musik angklung terdapat peningkatan nilai dari masing-masing anak sebelum dan sesudah yaitu dari 44,8 menjadi 81,6. Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel x (Bermain Musik Angklung) berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 41,35 sedangkan ttabel = 2,024 artinya thitung > ttabel atau 41,35 > 2,024 Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh signifikan antara peningkatan kecerdasan emosi anak setelah bermain musik angklung.

Keywords: Kecerdasan emosi, Bermain musik angklung

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-12-01
Abstract viewed = 253 times
PDF downloaded = 0 times