Pengembangan Media Kantong Ajaib untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak

  • Minar Suminar
  • Eva Gustiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak dan mengetahui kelayakan media kantong ajaib untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak. Pengembangan ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan bahasa anak, media yang digunakan terlalu monoton sehingga kurang menarik minat anak. Penelitian ini adalah penelitian & pengembangan  (reseaarch&development) dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang telah diadaptasi dengan mengambil bagian yang sesuai kebutuhan peneliti. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, dan angket yang digunakan untuk memperoleh data kelayakan media oleh validator ahli dan validator praktisi

Keywords: Media, Kantong Ajaib, Bahasa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia Syarri. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran “watube” untuk Mengenalkan Sifat-Sifat Air pada Anak.

Chrestian Siska. (2014). Implementasi Media Boneka Jari dalam Mengembangkan Kemampuan Bicara Anak.

Delfita Rini. (2014). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Permainan Gambar dalam Bak Pasir.

Ismatulkhasanah. (2012). Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Kelompok A Melalui Boneka Tangan.

Kartini. (2014). Penggunaan Media Plastisin untuk Meningkatkan Kreativitas Anak.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Kuantittif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sugino. (2011). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.

Susanto Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Grouf.

Umayah Hanik. (2014). Pengaruh Media Boneka Tangan Kain Flanel Terhadap Kemampuan Berbicara Anak.
Published
2018-12-30
Abstract viewed = 1034 times
PDF downloaded = 583 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>