Pengembangan Lugeed (Ludo Geometri Edukatif) Melalui Kemampuan Motorik Kasar

  • Ifit hidayatul fitri
  • Erik Wahyudin

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada pengembangan kemampuan motorik kasar melalui lugeed (ludo geometri edukatif) pada kelompok b di  paud Daarul Fallah desa Cikaso kabupaten Kuningan. Adapun tujuan penelitian ini adalah membuat produk inovasi dengan pengembangan menggunakan adalah LUGEED, dengan spesifikasi penelitian untuk mengembangkan motorik kasar anak terutama dalam kegiatam melompat. Motorik kasar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah berkaitan dengan melompat yang memberikan manfaat bagi anak dalam meningkatkan keseimbangan tubuh anak. Instrumen yang di gunakan untuk mengumpulkan data yaitu mengacu pada indikator motorik kasar khusunya pada kegiatam melompat pada kegiatan KBM yaitu kegiatan belajar mengajar yang ada di kurikulum PAUD. Pada instrumen pengumpulan data mengacu pada indikator  motorik kasar khusunya melompat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif berbentuk persentase. Berdasarkan hasil  penelitian dapat disimpulkan hal hal sebagai berikut: berdasarkan posttes yang dilakukan kapada 21 murid yang mencapai kriteria 81,86 dibandingkan dengan pretest dengan kriteria 70,95. Denga demikian bahwa melalui media LUGEED di peroleh hasil dengan  peningkatan sebesar 10,90. Pengaruh dari bermain dengan media LUGEED dengan tujuan meningkatkan perkembangan motorik kasar melaui melompat pada PAUD Daarul Falaah, setelah dilakukan uji t maka di dapat hasil  f hitung 1,009  dan  f tabel 2,12. Dengan demikian f hitung  < f tabel maka H0 diterima

Keywords: Media LUGEED, Kemampuan, Motorik Kasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, suharsimi. (2005). Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktek. Jakarta: Pustaka Setia.

Astuti, Fitri. (2009). Efektifitas Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kreatifitas Verbal Pada Masa Anak Sekolah. Surakarta. UMS

Basuki. (2010). Berpikir kritis dan kreatifitas dalam pembelajaran. Jogjakarta: Kanisius

Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik Motorik di TK. Direktorat Jendral Manjemen Pendidikan Dasatr dan Menengah.

Hadi Sutrisno .(2003). Metode Statistika : Bandung : Permadi

Muhammad. (2009). Metode Statistika. Bandung : Pustaka
Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Pers

Nasir, Muhammad. (2003). Metode Statistika . Bandung : Pustaka

Pontjopoetro, Soetoto dkk. (2003). Permainan Anak. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Sugiono. (2010). Statistik Untuk Penelitian . Bandung : Alfabeta

Sujana, Nana. (2003). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sumantri. (2005). Model Pembelajaran Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Published
2018-12-30
Abstract viewed = 224 times
PDF downloaded = 364 times