Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka

Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B TK PGRI Cibingbin Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan

  • Ajeng Rahayu Tresna Dewi
  • Rita Kusumah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kemampuan mengenal lambang bilangan anak dengan menggunakan media kartu angka di kelompok B TK Plus Harapan Bunda Kabupaten Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus untuk melihat hasil belajar anak dan aktivitas anak dalam mengikuti pembelajaran mengenal lambang bilangan melalui media kartu angka. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Plus Harapan Bunda dengan jumlah 21 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penerapan pembelajaran mengenal lambang bilangan melalui media kartu angka dikatakan berhasil apabila siswa memenuhi ketuntasan belajar minimal 85% atau berkembang sangat baik. Dari analisis data penelitian menjunjukan ada peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan yaitu pada pra tindakan diperoleh hasil yaitu 10,47 %, pada siklus I diperoleh hasil yaitu 33,33 %, siklus II diperoleh hasil yaitu 66,66 %, dan siklus III diperoleh hasil yaitu 88,57 % atau Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan.

Keywords: Mengenal Lambang Bilangan, Kartu Angka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Conny R. (2008). Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan sekolah Dasar. PT Indeks. Jakarta.
Dewi Lestari. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka pada Anak Kelompok A di TK ABA Jimbung I Kalikotes Klaten. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Elis Misyati. (2013). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Bermain Kartu Angka Bergambar Anak Kelompok A1 Tk Masjid Syuhada Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kamtini & Husni Wardi Tanjung. (2005). Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar.
Nopaliasasri.(2016).Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Permainan Kartu Angka di PAUD Teratai Bandar Lampung. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Lampung.
Nurani Yuliani Sujiono dkk. (2006). Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka, Jakarta.
Sudaryanti. (2006). Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta:FIP Universitas Negeri Yogyakarta.
Yusianti. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Bermain Kartu Angka Bergambar pada Anak Usia TK. Jurnal Pendidikan AUD. Universitas Negeri Yogyakarta.
Zaman Badru, et. All. (2007). Media dan Sumber Belajar TK. Universitas Terbuka,Jakarta.
Published
2018-12-30
Abstract viewed = 2458 times
PDF downloaded = 782 times