Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Kelompok Terhadap Perkembangan Sosial Anak

  • Indriani Puspita Hafidz
  • Baiq Shofa Ilhami
  • Mulianah Khaironi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran kelompok terhadap  perkembangan sosial Anak kelompok B2 di PAUD Siti Khadijah Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimental dengan desain Pre-Eksperimental menggunakan jenis One Grup Pretest-Posttest.Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah subjek sebanyak 17 anak kelompok B2.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan pendekatan saintifik terhadap perkembangan sosial anak (thitung= 9.8463 > ttabel= 1,7458) sehingga hipotesisnya diterima. Adanya perbedaan terhadap perkembangan sosial anak, dengan prstest diperoleh rata-rata total presentase keseluruhan 25 % yang dicapai oleh semua anak dengan termasuk dalam persentase kategori penilaian “Belum Berkembang (BB)” dan setelah dilaksanakan perlakuan atau posttest diperoleh total rata-rata persentase keseluruhan meningkat dari sebelumnya yakni 65% dengan kategori penilaian “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)”.

Keywords: pendekatan saintifik, pembelajaran kelompok, perkembangan sosial anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT. Rineka Cipta.Harun Rasyid dkk. (2009). Assesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Multi Pressindo.

Dimyati. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kencana: Jakarta.

DITJEN PAUD NI. (2015).Pengelolaan Pembelajaran PAUD. Jakarta: Kemendikbud.

Fasi, Qorifana Insani dan Dwi Prasetyawati D.H. (2015).Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak dengan Metode Bermain Peran untuk Kelompok B di KB-TK Islam Permata 1 Semarang.Diunduh di http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/viewFile/1655/1370 tanggal 22 Januari 2018.

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukardjo.(2005). Evaluasi Pembelajaran.Diktat mata kuliah, tidak diterbitkan.Yogyakarta: Program Studi Teknologi Pembelajaran PascasarjanaUniversitas Negeri Yogyakarta.
Thoifah, I'anatut. (2016). Statistika Pendidikan Dan Metode Penelitian Kuantitatif. Madani: Jakarta.
Published
2018-12-30
Abstract viewed = 215 times
PDF downloaded = 168 times