Pengembangan Media Smart House untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Smart House untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Al-Hasaniyah NW Jenggik Tahun Ajaran 2018/2019. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi 6 tahapan yang terdiri dari: 1) Analisis Kebutuhan, 2) Perencanaan, 3) Pembuatan Produk Awal, 4) Revisi Media Pembelajaran, 5) Uji Coba Lapangan, 6) Revisi Akhir Media. Media yang dikembangkan divalidasi oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media sebelum dilakukan uji coba kepada anak.Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 18 anak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar, dan observasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif.Data kualitatif diperoleh penilaian kualitas produk berupa saran dari ahli materi, dan ahli media. Data kuantitatif yaitu skor yang didapat dari ahli media dan ahli materi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli media memperoleh skor 4 (kriteria baik), hasil validasi ahli materi memperoleh skor 3,3 (kriteria cukup) dan hasil tes belajar dan observasi memperoleh persentase klasikal 89% Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 11% Mulai Berkembang (MB).Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media Smart House layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun.
Downloads
References
Sugiyono.(2012). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.(2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Widoyoko, Eko Putro. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik Dan Calon Pendidik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Copyright (c) 2018 Nur Sudiasih Islami, Baiq. Shofa Ilhami, Zuhut Ramdani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.